Share

Cari Kasus Aktif TB, Kemenkes Kirim Mobile X-Ray ke 7 Provinsi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 481 2572048 cari-kasus-aktif-tb-kemenkes-kirim-mobile-x-ray-ke-7-provinsi-9H1pJ86MDv.jpg Ilustrasi TBC. (Foto: Shutterstock)

KASUS Tuberkulosis (TB) di Indonesia memang masih cukup tinggi, apalagi penyakit TB tersebut merupakan penyakit yang menular. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan akan mulai memasifkan upaya penemuan kasus aktif TB di masyarakat.

Pasalnya, penemuan kasus aktif masih lemah dan membuat Kemenkes mengirimkan mobile x-ray ke 7 provinsi. Dengan peran mobile x-ray, dikatakan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono, ini dapat menjadi bagian dari percepatan penemuan kasus aktif TB agar tidak menjadi sumber penularan di tengah masyarakat.

"Perluasan mobile x-ray ini sudah dilakukan di beberapa tempat, sehingga masyarakat bisa langsung di foto tanpa harus datang ke rumah sakit. Dengan cara ini, pasien bisa langsung diidentifikasi dan diobati lebih dini lagi," papar Wamenkes Dante dalam keterangan resmi di Sehatnegeriku Kemenkes, dikutip MNC Portal.

TBC

Mobile x-ray tersebut dapat ditemukan di 7 provinsi, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, ada juga di Sumatera Barat dan Banten.

"Orang yang kontak langsung dengan penderita TB jadi sasaran utamanya. Selain itu, orang dengan HIV, orang dengan diabetes melitus pun jadi target sasaran skrining TB," tambah Dante.

Wamenkes menjelaskan penemuan kasus aktif melalui Mobile X-ray dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan rontgen dada. Hal ini untuk melihat apakah pasien memiliki indikasi menderita TB atau tidak. Apabila teridentifikasi TB, pasien langsung ditangani petugas kesehatan untuk selanjutnya diberikan pengobatan.

Dikatakan Wamenkes, mobile x-ray ini mampu meningkatkan penemuan kasus aktif TB di masyarakat. Kapasitas petugas kesehatan dan kesiapan pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit dalam melakukan diagnosis, pengobatan dan pencegahan mutlak diperlukan agar penanganan pasien bisa tuntas.

Layanan mobile X-ray pertama kali diinisiasi oleh Zero TB Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan pelacakan kasus TB di wilayah-wilayah di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo yang angka kasusnya cukup tinggi. Inovasi layanan kesehatan tersebut hadir sebagai bagian dari upaya percepatan penurunan prevalensi TB di DIY sebesar 50% selama 5 tahun mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini