Share

8 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 04 April 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 298 2573010 8-makanan-untuk-mencegah-dehidrasi-selama-puasa-bSSN26borv.jpg Makanan untuk mencegah dehidrasi selama puasa (Foto: Timesofindia)

MAKANAN untuk mencegah dehidrasi selama puasa penting Anda ketahui. Karena, dehidrasi atau kekurangan cairan jadi salah satu masalah yang dialami banyak orang saat berpuasa, karena tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman lebih dari 10 jam.

Masalah dehidrasi saat kita berpuasa ini sebetulnya bisa dikurangi atau bahkan dihindari dengan mengonsumsi makanan tinggi akan kandungan air, saat santap sahur dan berbuka puasa.

Apa saja makanan tinggi kandungan air yang bisa membantu mencegah dehidrasi? Mewarta Healthline, Senin (4/4/2022) berikut ulasan singkat delapan makanan tinggi kandungan air yang bisa mencegah dehidrasi, termasuk saat kita berpuasa.

1. Semangka

Makanan untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

(Makanan untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa, Foto: Healthline)

Memiliki 92 persen kandungan air, semangka jadi salah satu makanan yang paling menghidrasi. Per 154 gram semangka mengandung lebih dari 118 ml air. Semangka juga mengandung serat dan nutrisi penting, mulai dari vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Semangka punya kepadatan kalori yang sangat rendah, dengan kalori yang sedikit, semangka membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Sangat membantu saat berpuasa bukan?

2. Stroberi

91 persen berat stroberi adalah karena kandungan airnya, makan stroberi akan berkontribusi banyak pada asupan air harian yang dibutuhkan tubuh. Stroberi juga punya banyak banyak serat, antioksidan penangkal penyakit dan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan.

BACA JUGA : 13 Bahaya Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Jangan Anggap Remeh!

3. Blewah

Buah khas bulan Ramadan ini masuk jadi salah satu jenis makanan yang paling menghidrasi. Punya kandungan air hingga 90 persen, buah bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan. Selain banyak air, blewah kaya akan vitamin A, yang mana dengan cukup asupan vitamin A bisa meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan melindungi terhadap infeksi.

BACA JUGA : 10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Biar Gak Gampang Lemas!

4. Timun

Mengandung air hingga 95 persen, timun adalah makanan sehat dan menghidrasi. Timun juga rendah kalori, sehingga tidak apa-apa jika dikonsumsi dalam porsi banyak. Masukkan timun sebagai menu sahur atau berbuka puasa, dalam bentuk diolah jadi aneka salad, sandwiches, sayur tumisan, atau sup.

5. Tomat

Makanan untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Tahukah Anda jika satu buah tomat ukuran sedang saja sudah bisa memberikan sekitar setengah cangkir, 118 ml air? Tidak hanya itu, tomat juga punya banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Santap tomat dalam menu sahur dan berbuka bisa dengan cara dimasak menjadi sup, saus, salad, bahkan saus salsa.

6. Selada

Selada air seperti namanya, mengandung air hingga 96 persen loh. 72 gram selada memberikan lebih dari 59 ml air. Selain air, selada juga memberikan 5 persen dari kebutuhanharian folat untuk tubuh. Selain itu, selada kaya akan vitamin K dan A, yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi selada bisa dengan cara dimakan sebagai salad atau digunakan sebagai "roti" untuk burger atau wrap sebagai pengganti tortilla.

7. Makanan berkuah (sup)

Mengonsumi makanan berkuah seperti sup yang berbahan dasar air, bisa sangat membantu mencegah dehidrasi. Selain itu juga membantu penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Bisa masukkan banyak sayuran, seperti brokoli, wortel, bawang, jamur, dan tomat dalam sup Anda agar kandungan nutrisinya semakin banyak.

8. Plain yogurt

Mengandung sekitar 88 persen air dan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Makan yogurt secara teratur telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan, efek yang disebabkan oleh efek pengurangan nafsu makan dari kandungan air dan proteinnya yang tinggi dari yogurt.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini