Share

10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa, Paling Ampuh!

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 481 2573101 10-cara-mengatasi-sariawan-saat-puasa-paling-ampuh-Te3GnsmEul.jpg 10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa (Foto:

10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa

10 CARA mengatasi sariawan saat puasa penting diketahui. Karena, sariawan sering dialami, salah satunya karena bibir kering.

Bibir kering inilah yang pada akhirnya menjadi sariawan. Bibir sariawan bisa membuat makan tidak enak karena terasa perih. Berikut 10 cara mengatasi sariawan saat puasa yang dikutip dari Boldsky, Senin (4/4/2022).

Madu

10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa

Madu memiliki sifat antibakteri yang mampu mempertahankan kelembapan dan mencegah mulut agar menjadi kering. Madu mampu mempercepat proses pertumbuhan jaringan baru. Anda bisa mencampurnya dengan sejumput kunyit dan menggosok lembut di area terkait.

Minyak kelapa

Jangan salah, minyak kelapa ternyata memiliki sifat antiradang. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada area yang terkena sariawan beberapa kali, saat sahur dan imsak. Lakukan beberapa hari ke depan hingga Anda terbebas dari sariawan.

BACA JUGA : Fakta Sariawan, Gejala Awal Gangguan Kesehatan Mulut

Jus lidah buaya

Pengobatan rumahan ini cara mudah untuk mengobati bisul mulut. Lidah buaya berkhasiat anti-inflamasi alami. Anda bisa minum jus lidah buaya untuk membantu penyembuhan sariawan, serta mengurangi sekresi asam lambung.

BACA JUGA : Menderita karena Sariawan? Yuk Atasi Pakai 6 Obat Rumahan Ini

Daun tulsi

Daun tulsi dikenal dengan terapeutik. Anda bisa mengunyah daun tulsi segar dan minum air putih untuk menelannya. Anda juga bisa merebus beberapa helai daun fenugreek dan menggunakan airnya untuk berkumur.

5. Yogurt

Penyebab pasti sariawan tidak diketahui. Beberapa kasus mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H pylori) atau penyakit radang usus. Studi dari 2007 telah menunjukkan bahwa kultur probiotik hidup seperti lactobacillus dapat membantu memberantas H pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus.

Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan, makan yogurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat membantu. Untuk membantu mencegah atau mengobati sariawan, makanlah setidaknya 1 cangkir yogurt setiap hari.

6. Suplemen vitamin B kompleks

Anda mungkin lebih sering terkena sariawan jika makanan yang dikonsumsi rendah vitamin B-12. Namun, tidak jelas bagaimana vitamin B-12 menyembuhkan sariawan. Menurut sebuah studi pada 2017, peserta yang mengonsumsi 1.000 mikrogram vitamin B-12 setiap hari memiliki lebih sedikit wabah sariawan, lebih sedikit luka secara keseluruhan, dan lebih sedikit rasa sakit daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Vitamin B lain juga dapat membantu. Suplemen vitamin B kompleks mengandung semua delapan vitamin B, termasuk B-12. Suplemen vitamin B kompleks dapat menyebabkan efek samping, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum digunakan.

7. Susu magnesia

Susu magnesia mengandung magnesium hidroksida. Ini adalah penetral asam dan pencahar. Digunakan secara oral, ini dapat mengubah pH di mulut Anda sehingga luka tidak dapat berkembang. Ini juga melapisi luka untuk membantu mencegah iritasi dan menghilangkan rasa sakit.

Oleskan sedikit susu magnesia ke sariawan Anda. Biarkan selama beberapa detik, lalu bilas. Ulangi hingga tiga kali sehari.

8. Kencur

Kaempferia galangal atau kencur juga dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah sariawan. Anda hanya perlu meneteskan beberapa ramuan (kencur yang telah diparut dan diberi sedikit air) di permukaan bibir yang terdapat sariawan. Sensai rasa pedasnya dapat menyembuhkan jerawat.

Rutin membersihkan gigi

Sariawan bisa akan semakin parah jika kondisi mulut tidak bersih. Karena itu, tetap gosok gigi sehari 2 kali atau 3 kali. Pastikan juga mulut bersih dengan berkumur dengan obat kumur. Jika diperlukan, Anda juga bisa menyikat lidah supaya kebersihan mulut terjaga. Mulut yang bersih tentunya akan membuat sariawan cepat hilang.

Jangan malas minum air putih

Di bulan puasa ini, konsumsi air putih dianggap sebagai salah satu hal yang penting. So, jangan pernah malas minum air putih. Tetap 8 gelas perhari supaya kondisi tubuh tetap bugar. Konsumsi air putih juga bisa meminimalisir peradangan sariawan. Ini terjadi karena mulut tidak kering dan produksi air liur tetap terjaga. Anda harus tahu bahwa sariawan bisa semakin parah jika mulut kering dan itu karena kadar air dalam tubuh tidak tercukupi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini