Share

Jangan Sampai Kelebihan, Ini Dosis Vitamin C Ideal untuk Anak-Anak

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 481 2573129 jangan-sampai-kelebihan-ini-dosis-vitamin-c-ideal-untuk-anak-anak-qK9flJJXqT.jpg Ilustrasi Vitamin C. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang memang membutuhkan asupan vitamin C, tapi berapakah dosis vitamin C yang tepat untuk anak-anak. Pasalnya, ketika kita kelebihan vitamin C, maka ada juga bahaya yang ditimbulkan.

Jika dikonsumsi secara berlebihan vitamin C ini juga bisa memperburuk kondisi kesehatan seseorang. Oleh sebab itu tetap memperhatikan dosis, karena kebutuhan vitamin C setiap individu dipengaruhi oleh tingkatan usia dan gaya hidup masing-masing.

​

Dokter spesialis anak dr. Reza Pahlevi, Sp.A. dari Klikdokter menjelaskan berapa dosis vitamin C ideal untuk anak dan remaja. "Idealnya, kebutuhan vitamin C harian untuk anak adalah 25-50 mg per hari dan 65-90 mg per hari untuk remaja," kata Reza seperti dilansir dari Antara.

Vitamin C juga memainkan peran penting dalam menjaga imunitas anak tetap kuat. Jika anak terlanjur sakit, vitamin C juga dapat membantu proses pemulihan mereka menjadi lebih cepat karena membantu mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Asupan vitamin C perlu dikonsumsi secara teratur dalam dosis yang dianjurkan, bisa dari sayur dan buah tinggi vitamin C atau dengan suplemen.

Vitamin C

Vitamin C juga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari tergantung kebutuhan dan kondisi tubuh anak karena berfungsi sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh

Makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak tentu perlu ada di setiap konsumsi harian. Namun, tanpa bermaksud menghiraukan nutrisi yang lain, mikronutrien seperti vitamin dan mineral juga penting dan terdapat pada buah, sayur, serta susu, ujar Reza.

"Selain sayur dan buah, dianjurkan untuk memberikan susu setiap hari kepada anak karena segelas susu mengandung ragam nutrisi baik, seperti protein, serta berbagai vitamin dan mineral," tutur Reza.

Milkuat menghadirkan alternatif minuman yang diklaim menjaga imunitas anak lewat Milkuat Susu Botol dengan kandungan Vitamin C 90 mg per botol. Senior Brand Manager Milkuat, Wibowo Rubitomo, mengatakan satu botol setiap hari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anak sesuai Angka Kecukupan Gizi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini