Share

Peneliti: Puasa Bantu Turunkan Berat Badan dan Meremajakan Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 481 2573343 peneliti-puasa-bantu-turunkan-berat-badan-dan-meremajakan-tubuh-gHNNwky9oz.jpg Ilustrasi Puasa. (Foto: Freepik)

SELAMA Bulan Ramadan ini umat muslim akan menjalani puasa selama sebulan penuh. Puasa kali ini memang dilakukan dengan maksud beribadah, tapi sebenarnya ada manfaat lain puasa selain beribadah loh.

Puasa pun bisa membantu tubuh untuk membuang racun-racun yang ada atau sel kulit mati. Proses pencarian sel mati tersebut yang kemudian diartikan secara sederhana sebagai proses detoks. 

Proses pembuangan sel mati, termasuk timbunan lemak, tumor, abses, itu diharapkan mengembalikan fungsi sistem kekebalan dan proses metabolisme ke keadaan optimal. 

Puasa

"Puasa mengembalikan sistem pencernaan kembali lebih baik. Puasa juga memungkinkan organ pencernaan beristirahat dan efeknya penyembuhan dan perbaikan sel-sel lainnya," terang laporan Steiner Health, dikutip MNC Portal, Selasa (5/4/2022). 

Selain itu, puasa juga dikatakan sebagai bagian dari proses detoksifikasi atau pembersihan menyeluruh tubuh, khususnya organ bagian dalam. Dengan berpuasa, darah, usus, hingga sel-sel tubuh akan menjadi lebih baik dan ini berimbas pada upaya mengatasi banyak penyakit. 

"Puasa bukan hanya menghilangkan racun, tapi juga membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Puasa juga meremajakan dan memperpanjang hidup. Manfaat tersebut yang membuat fisik dan mental Anda jadi lebih sehat," tambah laporan tersebut. 

Lebih lanjut, studi pernah dilakukan terkait puasa dengan upaya detoksifikasi. Penelitian itu menunjukkan bahwa puasa dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang penting.

"Puasa dapat membantu menurunkan berat badan, dapat menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan trigliserida. Puasa juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi peradangan kronis yang sering kali merupakan gejala toksisitas berlebih dalam tubuh," papar laman Sparn Detox

"Puasa juga terbukti membantu meremajakan tubuh dan mengoptimalkan regenerasi sel dan perbaikan sel. Puasa pun diketahui meningkatkan enzim spesifik yang terlibat dalam proses detoksifikasi, khususnya detoks hati," tambah laporan it

Jadi, terbukti bahwa puasa memang ada kaitannya dengan proses detoks tubuh atau upaya membuang racun-racun dalam tubuh. Segudang manfaat lain pun ternyata bisa didapat dengan melakukan puasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini