Share

Tips agar Puasa Tak Sebabkan Kulit Kering dan Kusam

Siska Permata Sari, Okezone · Rabu 06 April 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 611 2573908 tips-agar-puasa-tak-sebabkan-kulit-kering-dan-kusam-yohIDcyT5T.jpg Tips cegah kulit kering saat puasa (Foto : Timesofindia)

SELAMA menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman apapun selama belasan jam lamanya. Hal ini bisa menyebabkan ragam masalah kulit bila kita tidak memperhatikannya dengan baik.

Berbagai masalah kulit yang mungkin terjadi saat berpuasa di bulan Ramadan yakni kulit kering, kusam, tampak lelah, hingga berjerawat. Mengapa bisa begitu?

Kulit Kering

“Puasa dapat membuat kulit Anda kering, kusam dan bahkan menonjolkan kerutan karena kurangnya hidrasi. Sebab, ada hubungan kuat antara asupan air yang cukup dan kulit yang sehat,” kata dokter kulit berbasis di Dubai, Dr Eman Kotb, seperti dilansir dari Arab News, Rabu (6/4/2022).

Oleh karena itu, sambung dia, sangat penting untuk menghidrasi tubuh Anda yang selama berjam-jam berpuasa. “Ini penting karena kulit Anda terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA : 5 Tanda Kulit Kering Butuh Hidrasi, Jangan Biarkan Pesona Cantikmu Pudar Girls!

Demi mengatasi hal itu, dia menyarankan untuk tetap minum dua liter air setiap malam. Selain minum air putih yang cukup, dia juga menyarankan penggunaan perawatan kulit yang tepat, terutama yang sifatnya melembabkan atau memberikan hidrasi kepada kulit.

“Cari bahan yang mengandung vitamin C dan E untuk peremajaan kulit,” kata dr Kotb.

BACA JUGA : 5 Perawatan Alami Ampuh Cegah Kulit Kering saat Musim Hujan

Di samping itu, perlu juga memperhatikan asupan makanan selama sahur dan berbuka. Asupan makanan yang sehat dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

“Karbohidrat olahan memiliki nilai gizi yang buruk dan meningkatkan bakteri jahat di usus, yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi, sangat penting untuk menghindari atau mengurangi gula olahan, yang berperan dalam penuaan dini,” ujarnya.

Asupan gizi yang baik, perawatan kulit yang tepat, serta berpuasa itu sendiri dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit. “Puasa juga menyebabkan tingkat purin dan pirimidin yang lebih tinggi dalam tubuh, sehingga pada gilirannya meningkatkan tingkat antioksidan yang bertanggung jawab untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini