Share

Tips Bangun Kepercayaan Diri saat Kuliah untuk Masuk Dunia Kerja

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 612 2573782 tips-bangun-kepercayaan-diri-saat-kuliah-untuk-masuk-dunia-kerja-jJ05CBs6X6.jpg Podcas Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube/Partai Perindo)

MEMASUKI dunia kerja jadi salah satu dilema yang paling sering dialami oleh mahasiswa tingkat akhir di banyak jurusan ilmu apa pun, tak terkecuali ilmu hukum.

Dianggap sebagai salah satu bidang ilmu favorit banyak orang, otomatis membuat sarjana dari ilmu hukum dari segi jumlah memang sangat banyak. Artinya, persaingan dunia kerja bagi lulusan ilmu hukum memang sengit.

Podcast Aki Nyata Perindo

Tak hanya butuh skill mumpuni, memasuki dan menjalani kehidupan dunia kerja juga butuh kepercayaan diri yang oke. Seperti disampaikan Yudhistira Ikhsan Pramana, Sekjen Rescue Partai Perindo, kepercayaan diri ini idealnya dibangun sejak masih menjadi mahasiswa dengan memastikan kita punya nilai tambah yang membedakan dari lulusan sarjana lainnya.

“Kita harus punya sesuatu yang membedakan dengan orang lain, harus punya nilai tambah. Kalau cuma lulus, apa bedanya sama teman-teman sarjana lain? Berarti kita harus fokus ke satu bidang. Misalnya untuk yang lulusan hukum, bisa fokus ke soal corporate legal, PT, investasi dan sebagainya. Itu yang jadi nilai plus saat terjun ke dunia kerja,” ujar Yudhistira dalam siaran Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia Partai Perindo dengan tema Lulusan Fakultas Hukum, Bisa Kerja Dimana Saja? Selasa (5/4/2022).

Podcast Aki Nyata Perindo

Pria yang merupakan lulusan Fakultas Hukum UI itu menambahkan, agar siap bersaing di dunia kerja, mahasiswa harus menambah kemampuan secara personal.

“Contoh untuk yang lulusan hukum, kalau yang jago bahasa Inggris kan sudah banyak di firma hukum top pasti sudah banyak. Nah pikir lah kita untuk ambil kuasai bahasa lain, contohnya saya waktu itu ambil bahasa Rusia dan Italia. Bisa jadi pembeda saya dengan teman-teman lulusan hukum yang lain,” imbuhnya.

BACA JUGA : 5 Tips Jaga Hubungan Kerja dengan Baik, Sabar dan Jujur

BACA JUGA : 4 Tips Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Selain menambah value diri sendiri, menurutnya, dengan semakin banyak kemampuan seperti soft skill yang dimiliki. Semakin lebar juga kesempatan bagus di dunia kerja yang bisa datang.

“Fokus di satu bidang, tambah soft skill jadi yang bisa membedakan diri kita dengan orang lain. Semakin banyak kita punya skill, makin banyak kesempatan pula yang datang,” tutup Yudhistira.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini