Share

8 Tips Cegah Bau Mulut Tanpa Batalkan Puasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 481 2574129 8-tips-cegah-bau-mulut-tanpa-batalkan-puasa-ZMtRanDpXB.jpeg Tips cegah bau mulut saat puasa (Foto: Timesofindia)

SAAT menjalani puasa, bau mulut menjadi salah satu masalah yang sering orang alami. Kondisi tersebut sejatinya bisa dicegah dan Anda bisa melakukannya tanpa membatalkan puasa.

Diterangkan Praktisi Kesehatan Universitas Indonesia Dokter Ari Fahrial Syam, bau mulut sebenarnya dapat diminimalkan selama berpuasa. Upaya yang bisa dilakukan adalah memastikan makanan yang dikonsumsi tidak sembarang hingga menjaga kebersihan mulut dengan baik dan benar.

"Bau mulut bisa diminimalisir dengan memperhatikan kebersihan mulut dan mengonsumsi makanan, minuman, dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut," terang dr Ari pada MNC Portal, Rabu (6/4/2022).

Lebih lengkapnya, berikut 8 tips mencegah bau mulut saat puasa tanpa membatalkan puasa menurut dokter Ari:

1. Pastikan bersihkan mulut dengan baik dan benar

Sikat Gigi

Disarankan kepada semua orang yang berpuasa untuk memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka puasa. "Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah sahur, ya," saran dr Ari.

BACA JUGA : 5 Tips agar Puasa Produktif dan Tetap Fokus saat Bekerja di Kantor

2. Bersihkan sela gigi dengan dental floss

Gosok gigi dan sikat lidah saja tidak cukup. Dokter Ari menyarankan juga untuk menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini diperlukan untuk memaksimalkan pembersihan gigi.

BACA JUGA : Tips agar Puasa Tak Sebabkan Kulit Kering dan Kusam

3. Pastikan konsumsi air putih tercukupi

Minum Air Putih

"Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur," kata dr Ari.

4. Jangan lupa makan buah dan sayur saat sahur dan buka puasa

Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur menjadi penting. Sebab, beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka dan bengkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

5. Hindari merokok

Bulan Ramadan jadikan juga sebagai bulan untuk menjauhkan diri dari rokok. Merokok, kata dr Ari, tak hanya berbahaya untuk kesehatan tetapi akan memperburuk kebersihan mulut. "Lagipula, rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap," tegasnya.

6. Segera cek kesehatan gigi jika ada masalah

Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa, dr Ari menyarankan untuk segera kontrol ke dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

7. Hindari mengonsumsi makanan beraroma tajam saat sahur dan buka puasa

"Hindari makanan yang beraroma tajam saat sahur dan buka puasa, antara lain bawang, petai, jengkol, serta durian," ujarnya.

8. Hindari makanan yang lengket di gigi

Saat sahur dan buka, disarankan juga bagi Anda untuk menghindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainya.

"Jika memang tetap ingin mengonsumsi makanan tersebut, segera berkumur atau dibersihkan agar makanan itu tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama," ungkap dr Ari.

So, itu dia 8 tips mencegah bau mulut saat puasa yang tidak membatalkan puasa. Semoga bisa membantu, ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini