Share

4 Tips Dasar Perawatan Wajah, Cocok untuk Pria dan Wanita

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 611 2574222 4-tips-dasar-perawatan-wajah-cocok-untuk-pria-dan-wanita-1NMF4k82yg.jpg Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah. (Foto: Shutterstock)

MERAWAT kulit memang harus dilakukan bukan hanya pada para perempuan, tetapi juga kaum Adam. Oleh karena itu, produk perawatan kulit pun juga melakukan ekspansi dengan memberikan perlindungan bagi para pria.

Tapi, berbeda dengan perempuan, pria cenderung newbie atau awam dalam melakukan perawatan kulit. Nah, jika Anda bingung dengan perawatan kulit, berikut beberapa tips melakukan perawatan dasar untuk kulit wajah Anda, seperti dikutip dari Antara.

Pertama, bersihkan wajah

Membersihkan wajah atau cleansing adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain produk makeup dan sunscreen yang perlu dibersihkan, juga terdapat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang diproduksi setiap harinya.

Perawatan Wajah

Oleh karena itu, penting untuk merawat kebersihan kulit secara rutin dengan mencuci muka. Tipsnya, pilihlah pembersih wajah dengan pH rendah dan sesuai dengan kondisi kulit.

Pembersih wajah ini dipakai untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan jerawat, mengontrol produksi minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati. Anda bisa menggunakan produk yang memiliki pH balance gentle untuk mengangkat debu, kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa ditarik.

Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH

Tahapan ini berguna untuk membersihkan sebum dan sisa residu setelah mencuci muka. Toner mengandung tambahan nutrisi agar kulit siap menerima produk selanjutnya secara maksimal. Produk toner cocok untuk mereka dengan kulit berminyak dan berjerawat karena dapat mengurangi jerawat, pori-pori, dan menenangkan kulit.

Jaga hidrasi kulit dengan pelembap

Langkah ini bertujuan untuk menghidrasi kulit, termasuk mengontrol minyak berlebih, selama beraktivitas seharian. Apalagi, seiring bertambahnya usia, paparan sinar matahari dan polusi dapat membuat kulit kehilangan nutrisi dan elastisitasnya, sehingga kulit rentan berkeriput, kering, dan tampak kusam.

Gunakan sunscreen untuk memproteksi kulit dari sinar UV

Tahap terakhir dari basic skincare adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen. Selain melindungi kulit dari penggelapan akibat paparan sinar matahari, sunscreen juga berfungsi memproteksi kulit dari risiko penuaan kulit serta mengurangi risiko kanker kulit.

"Skincare merupakan gaya hidup, bukan jalan pintas yang memberi hasil instan. Sehingga untuk mendapat kulit yang sehat, tahapan yang benar ini harus dilakukan secara konsisten setiap harinya,” ujar Founder Somethinc Irene Ursula.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini