Share

10 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Pas untuk Diet!

Tim Okezone, Okezone · Kamis 07 April 2022 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 298 2574894 10-menu-buka-puasa-rendah-kalori-pas-untuk-diet-Vac1kqEgCE.jpg Menu Buka Puasa Rendah Kalori (Foto: Timesofindia)

MENU buka puasa rendah kalori bisa menjadi pilihan untuk orang yang sedang diet. Selain ibadah, bulan Ramadan memang dijadikan sebagian orang sebagai momen tepat untuk diet.

Memilih makanan rendah kalori ini dapat mencegah Anda kalap makan saat berbuka puasa ataupun sahur. Berikut buka puasa rendah kalori yang dikutip dari berbagaim sumber.

Kurma

Menu Buka Puasa Rendah Kalori

(Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Foto: Timesofindia)

Menurut sebuah penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2009, makanan yang kaya akan serat bisa membuat berat badan turun dengan cepat. Tetapi, bukan berarti Anda bisa makan kurma saat buka puasa, cukup 3 saja.

Ingat, kurma mengandung tinggi kalori dan gula sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan berat badan dan memicu diabetes.

Berbuka puasa dengan makan 3 kurma saja sudah mampu mengembalikan energi selama berpuasa seharian. Selain itu, Anda pun akan merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kalap makan.

Roti gandum

Berikutnya ada roti gandum, makanan rendah kalori lain yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, roti gandum akan membantu membuat perut merasa kenyanng lebih lama.

BACA JUGA : Resep untuk Menu Buka Puasa: Olahan Terong Saus Tanpa Minyak Goreng

Mashed potato

Mengurangi jumlah asupan kalori penting dalam menurunkan berat badan selama puasa. Salah satu caranya dengan makan kentang untuk pengganti nasi.

Setiap 100 gram kentang mengandung 2,2 gram, sedangkan nasi mengandung 0,4 gram serat. Terlihat jelas bahwa kentang mengandung lebih banyak serat, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

BACA JUGA : Tempe Menjes Goreng, Goreng Khas Malang Sajian Berbuka Puasa

Oatmeal

Menu makanan sehat ini yang nyaman di perut dan sangat mudah dimasak, karena hanya perlu dimasak dengan air hangat ini satu cangkirnya hanya mengandung sekitar 150 kalori.

Anda bisa santap oatmeal bersama buah-buahan seperti jeruk atau buah beri (bluberi, stroberi, raspberi) yang ringan, rendah kalori dan kaya akan mineral, serat, dan vitamin.

Buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi baik. Selain rendah kalori, buah-buahan terbuat dari fruktosa, gula sederhana yang lebih mudah dicerna oleh usus. Seperti direkomendasikan ahli dan konsultan diet, Toby Amidor, MS, RD, CDN, untuk buka puasa dengan sayuran, Anda bisa mengonsumsi puree kentang tumbuk atau pure ubi jalar atau bisa juga dengan sayuran potong.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sayuran non–pati

Sayuran seperti wortel atau mentimun diketahui adalah jenis sayuran rendah kalori, masing-masing hanya mengandung 41 dan 23 kalori loh! Selain itu, tinggi serat juga sehingga bisa membantung kita merasa kenyang dan berenergi.

Telur

Salah satu sumber protein yang paling mudah dimasak dan dikonsumsi. Protein yang ada pada telur sangat membantu sebagai menu berbuka puasa karena akan membantu mencegah hilangnya massa otot. Pastinya, selain mudah dicerna, mengandung lemak sehat, kaya protein, telur juga rendah kalori dan sangat mengenyangkan, sehingga bisa mencegah kita makan berlebihan.

Nasi merah

Menu Buka Puasa Rendah Kalori

(Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Foto: Timesofindia)

Dibanding nasi putih, nasi merah bisa menjadi pilihan tepat untuk diet. Karena, nasi merah lebih banyak serat dan lebih sedikit kalori. Untuk itu, berbuka puasa dengan nasi merah akan mencegah Anda makan berlebihan dan kenyang lebih lama.

Jus Alpukat

Tidak hanya bikin segar, jus alpukat juga pas jadi menu buka puasa bagi orang yang sedang diet. Ini karena alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang aman bagi tubuh.

Menurut penelitian, orang yang sering makan alpukat memiliki BMI yang lebih rendah. Selain itu, mereka juga lebih mudah menurunkan berat badan, dan memiliki lingkar pinggang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang jarang makan alpukat.

Yogurt

Yogurt menjadi daftar terakhir menu buka puasa rendah kalori yang baik untuk diet. Yogurt kaya probiotik yang tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga meningkatkan imun dan metabolisme selama Ramadan. Pilih yogurt tanpa rasa jika ingin yang banyak kandungan gulannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini