Share

Moms, Ini Aktivitas Fisik Buat Anak Lebih Bugar Kala Puasa

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 481 2575588 moms-ini-aktivitas-fisik-buat-anak-lebih-bugar-kala-puasa-AIgeMMroXW.jpg Anak berpuasa namun tetap bugar (Foto: Prokerala)

SEBAGAI seorang ibu, menjaga kesehatan anak menjadi hal penting, terutama di saat anak berpuasa di bulan ramadan. Namun, tidak semua orang tua memahami aktivitas fisik (olahraga) yang pas buat anaknya.

Dasarnya anak-anak memiliki karakter yang aktif, hal tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan anak. Apalagi aktivitas fisik mencegah obesitas.

anak puasa

"Bisa melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan, contohnya olahraga permainan atau game," ujar dr. Elsya, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dalam webinar Halo Talks Spesial Ramadan, Jumat (8/4/2022).

Lebih lanjut, Dokter Elsya mengatakan, bila anak mudah mengalami jenuh atau tidak tertarik dengan kegiatan yang kurang bervariasi, seperti hanya jalan atau lari saja.

Dia merekomendasikan bahwa bagi anak setiap harinya bisa melakukan aktivitas fisik selama satu jam. Manfaatnya agar anak lebih bugar dan sehat selama berpuasa.

"Kalau anak-anak lebih mudah boring, kita bisa lakukan aktivitas menyenangkan. Minimal satu jam dalam seharinya agar anak lebih bugar," jelasnya

Di sisi lain, menurut Dokter Robert, asupan yang dikonsumsi anak dapat mempertahankan gula dalam darah hingga empat jam. Kemudian, dalam kurun waktu 16 jam sejak terakhir anak makan, tubuh memecah lemak dan protein untuk tetap mempertahankan kadar gula dalam darah dan mempertahankan metabolisme tubuh.

Dia menerangkan bila anak berpuasa selama 10 -12 jam tidak masalah. Sebab tubuh akan melakukan adaptasi dengan baik. "Jadi dapat disimpulkan bahwa berpuasa hingga 10 - 12 jam tidak dapat membuat tubuh terganggu," jelas Dokter Robert.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini