Share

Waspadai Kebiasaan Ini agar Tak Kena Tumor Payudara

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 481 2575603 waspadai-kebiasaan-ini-agar-tak-kena-tumor-payudara-pciEH17hna.jpg Robby menderita tumor payudara (Foto: inst)

TAK bisa dipungkiri bahwa tumor payudara itu didominasi kasusnya oleh perempuan. Tapi, Anda perlu tahu bahwa sebagian kecil pria mengalaminya juga, seperti Robby Purba.

Ya, Robby Purba teridentifikasi memiliki tumor di payudaranya. Bahkan, kabar terbaru menjelaskan tumor tersebut muncul lagi setelah 3 bulan sebelumnya diangkat dalam tindakan operasi.

 tumor

Belajar dari apa yang dialami Robby Purba, masyarakat khususnya para pria harus mulai aware dengan penyakit ini. Artinya, pria pun sejatinya punya potensi mengalami tumor payudara, tidak hanya perempuan.

Dokter Spesialis Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, menerangkan bahwa memang betul pria pun bisa kena tumor payudara.

"Selama praktik, baru ditemukan 3 pasien kanker payudara pria. Angkanya sangat kecil, tapi fakta yang kami temukan, kanker payudara pada pria itu justru sulit sekali disembuhkan, karena dasarnya bukan estrogen. Jadi, sangat sulit disembuhkan," terang dr Aru dalam acara Webinar, beberapa waktu lalu.

Prof Aru melanjutkan, ada beberapa faktor penyebab seorang pria bisa mengidap kanker payudara, misalnya karena lingkungan dan perokok aktif. Ya, rokok bukan hanya menyebabkan kanker paru, tetapi bisa sampai memberi masalah ke payudara pria.

"Pria perokok punya risiko mengidap kanker payudara. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh pada kasus langka ini," jelasnya.

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan bahwa pria yang mengidap kanker payudara melakukan suntik estrogen sehingga terjadi komplikasi pada tubuhnya dan kanker payudara pun muncul. Tapi, anggapan tersebut dibantah Prof Aru.

 BACA JUGA: Tumor Payudara Robby Purba Muncul Lagi Usai Diangkat 3 Bulan Lalu, Kok Bisa?

"Pasien saya itu bukan berarti estrogennya berlebihan, kemudian payudaranya ikutan besar, enggak juga. Mereka jantan-jantan, tapi mereka memang ada benjolan. Kemudian dibiopsi dan ditemukan sel kanker di payudaranya. Setelah itu mendapatkan kemoterapi," papar Prof Aru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini