Share

Dokter Ungkap Waktu Tepat Olahraga saat Puasa, Jam Berapa?

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 09 April 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 481 2576028 dokter-ungkap-waktu-tepat-olahraga-saat-puasa-jam-berapa-NCEXIppo3c.jpg Ilustrasi waktu yang tepat olahraga saat puasa Ramadan. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

KETIKA bulan puasa Ramadan, masih ada sebagian orang bingung untuk melakukan rutinitas olahraga. Kapan waktu yang tepat berolahraga agar tidak mengganggu ibadah puasa? Simak penjelasan berikut ini.

Menurut dokter spesialis olahraga Elsye Sp.KO, olahraga di tengah puasa Ramadan tentu masih bisa dilakukan. Ada tiga opsi melakukannya, di mana ketiga waktu tersebut sama baiknya.

Baca juga: Apa Itu Ombrophobia yang Diderita Kang Tae Moo dalam Drakor Business Proposal? 

"Tips jam berolahraga di bulan Ramadan sebaiknya disarankan satu sampai dua jam setelah berbuka puasa," ujar dr Elsye dalam webinar spesial Ramadan, Jumat 8 April 2022.

Ia mengatakan saat memilih waktu setelah berbuka puasa, olahraga bisa diimbangi dengan asupan yang dikonsumsi kala berbuka. Ketika makanan yang dikonsumsi ringan maka bisa dijeda satu jam setelah berbuka puasa dan bisa melakukan olahraga.

Baca juga: Alami Kantung Mata Hitam? Ini Cara Cepat Menghilangkannya 

Sedangkan ketika berbuka menyantap sajian berat maka perlu menunda sekira dua jam. "Makanannya ringan saja bisa dijeda satu jam baru melakukan exercise. Tetapi kalau kita mau makanan porsis besar boleh diberi jeda sekitar dua jam setelah berbuka puasa," tambahnya.

Lebih lanjut dr Elsye mengatakan jika masyarakat lebih menyukai olahraga sebelum berbuka puasa juga bisa dilakukan. Namun perlu diingat, latihan fisik (exercise) yang dipilih yaitu ringan, sebab energi dalam tubuh tidak begitu banyak.

Dengan begitu, bisa memilih waktu menjelang buka puasa yaitu 1 jam atau 30 menit sebelumnya. "Kita bisa melakukan latihan fisik dengan intensitas yang ringan saja. Supaya bisa memberinya energi setelah berbuka puasa," jelas dr Elsye.

Pilihan akhirnya yaitu bisa melakukan olahraga setelah sahur. Perlu diperhatikan durasinya dan intensitas latihannya yaitu ringan karena paginya (setelah olahraga) harus beraktivitas sehari-hari agar tidak lemas.

Baca juga: Raisa Alami Post-Series Depression Syndrome, Apa Itu? 

Baca juga: Sejarah Rendang Jadi Makanan Favorit Dunia, Yuk Disimak! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini