Share

Alami Kantung Mata Hitam? Ini Cara Cepat Menghilangkannya

Kevi Laras, MNC Portal · Sabtu 09 April 2022 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 611 2575962 alami-kantung-mata-hitam-ini-cara-cepat-menghilangkannya-MOIx817Ady.jpg Ilustrasi kantung mata hitam. (Foto: Shutterstock)

MUNCULNYA kantung mata hitam ternyata bukan hanya dialmi orang-orang lanjut usia. Bisa juga terjadi pada anak-anak muda.

Kantung mata sendiri adalah pembengkakan ringan atau bengkak di bawah mata. Umumnya kantung di bawah mata merupakan masalah kosmetik dan jarang merupakan tanda kondisi serius.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Buram Setelah Bangun Tidur, Jangan Langsung Panik! 

Pengobatan di rumah, seperti kompres dingin, dapat membantu memperbaiki penampilan. Penyebab kantung mata berwarna hitam disebabkan beberapa faktor yakni:

- Penuaan

- Retensi cairan, terutama saat bangun tidur atau setelah makan asin

- Kurang tidur

- Alergi

- Merokok

- Genetika — kantung mata dapat diturunkan dalam keluarga

- Kondisi medis, seperti dermatitis, dermatomiositis, penyakit ginjal dan penyakit mata tiroid.

Baca juga: 4 Dampak Buruk Merokok pada Mata, Apa Saja? 

Sementara untuk menghilangkan secara cepat, tentu Anda perlu ke dokter untuk konsultasi. Sebab, ada pengobatan secara medis mampu mengurangi kantung mata hingga menghilangkan nya antara lain:

- Krim topikal atau Krim pemutih dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi (hidrokuinon, tretinoin dan kombinasi keduanya).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

- Vitamin C topikal diketahui memiliki efek dari 10 persen vitamin C lotion dalam pengobatan lingkaran hitam, selama 6 bulan. Lotion itu efektif dalam mencerahkan kegelapan di bawah mata.

- Laser. Terapi laser bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk lingkaran hitam. Prosedur laser yang kurang invasif, seperti laser pewarna atau laser dioda, dapat mengurangi risiko jaringan parut atau efek samping potensial lainnya.

- Pembedahan. Jenis operasi yang disebut blepharoplasty dapat menghilangkan lingkaran hitam yang disebabkan oleh timbunan lemak atau kulit ekstra di sekitar area. Area di bawah mata sangat sensitif, dan harus selalu mendiskusikan kemungkinan efek samping.

Baca juga: Waduh Mata Kena Abu Rokok, Dokter: Jangan Langsung Diusap! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini