Share

Tips Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 611 2576252 tips-jaga-kulit-tetap-sehat-selama-puasa-di-bulan-ramadan-tWdwVyHygX.jpg Tips jaga kulit tetap sehat selama puasa Ramadan (Foto: Aboutislam)

RAMADAN ini umat Muslim menjalani ibadah puasa yang secara tidak langsung berdampak juga pada tubuh. Salah satunya kulit yang bisa mendapatkan ragam masalah karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan makanan selama berjam-jam lamanya.

Masalah yang mungkin muncul pada kulit yakni kering, kusam, hingga berjerawat. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu tahu tips menjaga kesehatan kulit saat puasa. Berikut informasi selengkapnya seperti dirangkum dari Emirates Woman, Minggu (10/4/2022).

Minum air putih yang banyak

Minum Air Putih

Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa di urutan pertama yakni minum air putih yang banyak. Walaupun Anda berpuasa, usahakanlah untuk mendapatkan hidrasi tubuh yang cukup. Minum setidaknya delapan cangkir per hari. Agar tetap terhidrasi, hindari minuman-minuman seperti kafein seperti soda, kopi, dan teh.

BACA JUGA : Tips Tetap Sehat dan Bugar saat Puasa ala Dokter Spesialis, Simpel Banget Lho!

Perhatikan dengan asupan makanan

Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa di urutan berikutnya yaitu memperhatikan asupan makan Anda selama sahur dan berbuka puasa. Hindari makanan dapat berdampak negatif pada kulit Anda.

Misalnya seperti garam dan gula, lebih baik ganti dengan almond dan kacang mete kaya akan serat dan asam lemak, yang akan membantu meremajakan kulit. Selain itu pilih konsumsi buah-buahan dan sayuran.

BACA JUGA : Moms, Ini Aktivitas Fisik Buat Anak Lebih Bugar Kala Puasa

Lembapkan kulit dari luar

Tak cukup menghidrasi kulit dari dalam, tetapi juga dari luar. Pastikan untuk mengoleskan pelembap setidaknya dua kali sehari atau lebih, tergantung seberapa kering wajah dan tubuh Anda. Pilih pelembab atau serum yang kaya akan asam hialuronat untuk kelembaban ekstr. Jangan lupa hidrasi juga area mata Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini