Share

Tips Tetap Sehat dan Bugar saat Puasa ala Dokter Spesialis, Simpel Banget Lho!

Kevi Laras, MNC Portal · Sabtu 09 April 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 612 2576071 tips-tetap-sehat-dan-bugar-saat-puasa-ala-dokter-spesialis-simpel-banget-lho-qbZ9sW3Sdn.jpg Ilustrasi tips sehat dan bugar saat puasa Ramadan. (Foto: Freepik)

IBADAH puasa Ramadan dijalankan umat Islam setiap setahun sekali. Di balik puasa tersebut, terkadang muncul rasa lemas. Lantas, bagaimana tips ampuh agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa?

Dokter spesialis olahraga Elsye Sp.KO mengatakan hal utama membuat tubuh sehat dan bugar yaitu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Mengingat, masyarakat pada umumnya saat berpuasa memiliki nafsu tinggi ketika berbuka sehingga tidak mengontrol asupannya.

Baca juga: Dokter Ungkap Waktu Tepat Olahraga saat Puasa, Jam Berapa? 

"Bisa memicu berat badan naik kesehatan, bisa terganggu apabila makan tidak teratur, diatur pola makan seimbang, jadi ditakar agar lebih teratur," ujar dr Elsye dalam webinar spesial Ramadan, Jumat 8 April 2022.

Kemudian, dr Elsye mengajak masyarakat yang berpuasa tetap aktif berkegiatan. Menurut dia, salah satu aktivitas sederhana yaitu jalan kaki minimal 10 ribu langkah.

Baca juga: Viral Selebritas Rusia Ramai-Ramai Gunting Tas Chanel, Ini Penyebabnya 

Ia menambahkan, lamanya duduk bisa menyebabkan badan pegal. Diatasi dengan melakukan aktivitas fisik sederhana setiap 10 menit sekali dalam 2 jam.

"Badan saat berpuasa tidak menjadi kita malas untuk berolahraga atau bergerak. Gerak itu bisa dilakukan stiap 10 menit dalam 2 jam," jelasnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan begitu, aktivitas ketiga bisa melakukan olahraga dalam setiap sesinya bisa 30 menit. Di mana dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

Baca juga: Dijamin Lezat, Cek Resep Toge Goreng ala Stefani Horison 

"Minimal 3 kali dalam seminggu yang dapat ditingkatkan menjadi 5 kali dalam seminggu dengan intensitasnya dari ringan hingga sedang saja," tambah dr Elsye.

"Jadi enggak ada alasan bagi kita di bulan Ramadan malas bergerak, harus aktif," imbaunya.

Baca juga: Apa Itu Ombrophobia yang Diderita Kang Tae Moo dalam Drakor Business Proposal? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini