Share

Resep Jengkol Teri Cabe Ijo, Mantap Disantap untuk Buka Puasa dan Sahur!

Novie Fauziah, Okezone · Minggu 10 April 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 298 2576315 resep-jengkol-teri-cabe-ijo-mantap-disantap-untuk-buka-puasa-dan-sahur-LVYPrLwGj3.jpg Jengkol Teri Cabe Ijo (Foto: @aras_galeri/Instagram)

JENGKOL terkenal akan aramanya yang menyengat, meski begitu bagi penikmatnya makanan ini merupakan primadona. Jengkol sendiri bisa dijadikan berbagai olahan masakan yang cocok untuk buka puasa atau sahur.

Salah satunya jengkol teri cabe ijo. Hmm...sudah pasti enak dan lezat ya hidangan spesial ini. Berikut resep jengkol teri cabe ijo yang dikutip dari akun Instagram @aras_galeri, Minggu (10/4/2022).

Jengkol Teri Cabe Ijo

Jengkol Teri Cabe Ijo

Bahan-bahan:

15 buah / 300gram jengkol

150 gram ikan teri

3 buah kemiri

3 siung bawang putih

6 siung bawang merah

14 buah cabai hijau keriting atau sesuai selera

6 lembar daun jeruk

200 ml air putih

½ sdt kaldu ayam

2 sdt gula pasir

2 sdm saus tiram

Minyak goreng

Cara membuatnya:

1. Rebus jengkol hingga matang dan lunak, kemudian dinginkan dan bisa dipotong-potong sesuai selera. Kemudian jengkolnya digoreng tapi jangan terlalu lama, supaya jengkolnya tidak menjadi keras. goreng jengkol hingga sedikit berubah warna saja.

2. Kemudian untuk ikan terinya, juga digoreng hingga kering atau sesuai selera. Sisihkan.

3. Sementara itu haluskan bawang merah, bawang putih kemiri dan cabai hijau keriting. Akan tetapi jangan terlalu halus, biarkan masih ada tekstur cabai agar terasa lebih nikmat.

4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi, hingga matang dan tanak kemudian masukkan daun jeruk. Jika bumbu sudah matang bisa dimasukkan secukupnya air putih, aduk merata kemudian dimasukkan jengkolnya.

5. Masak lagi hingga kadar airnya berkurang. Apabila airnya sudah berkurang atau sudah kering, bisa dimasukkan ikan teri yang telah digoreng. Aduh merata dan masak saja sebentar. Lalu sajikan dengan nasi putih hangat, selamat mencoba.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini