Share

6 Tips Usir Komedo di Hidung yang Bikin Minder, Ampuh Banget Bestie!

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 11 April 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 611 2576577 6-tips-usir-komedo-di-hidung-yang-bikin-minder-ampuh-banget-bestie-sUefgDLjAr.jpg Tips usir komedo di hidung (Foto: Timesofindia)

ADANYA komedo di hidung bikin tampilan kulit tidak halus dan mengganggu penampilan. Komedo yang berlebihan juga berpotensi jadi jerawat membandel.

Komedo terbagi menjadi dua jenis, komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih adalah pori-pori yang tersumbat. Sementara komedo hitam adalah minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Soal mengatasi komedo, ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan. Di artikel ini, MNC Portal bakal memberitahu 8 cara menghilangkan komedo di hidung dengan cara mudah dan tentunya ampuh. Dilansir dari Healthline, Senin (11/4/2022), berikut ulasan selengkapnya:

1. Rajin cuci muka

Cuci Muka

Hal mendasar yang perlu diperhatikan untuk membuang semua komedo di hidung adalah rajin cuci muka. Anda jangan malas untuk cuci muka di pagi hari maupun sebelum tidur. Bahkan, jika Anda rutin berolahraga, cuci muka juga usai berolahraga.

"Pilih gentle face wash untuk memastikan muka Anda terbebas dari residu-residu yang malah bisa meningkatkan pembentukan komedo di hidung," saran laman Healthline itu.

BACA JUGA : Jarang Keluar Rumah Tapi Masih Jerawatan? Coba Diobati dengan Face Toning

2. Coba 'plester komedo'

'Plester komedo' atau pore strips sudah banyak dikenal luas mampu mengangkat komedo di hidung secara instan. Tapi, Anda perlu tahu bahwa efek dari alat skincare yang satu ini hanya sementara.

Ya, penggunaan pore strips itu hanya menghilangkan lapisan kulit kulit yang memungkinkan terbentuknya komedo karena itu. Tapi, alat ini tidak mencegah komedo muncul lagi, karena tidak mengatur produksi minyak di kulit.

Peringatan yang perlu diketahui masyarakat soal alat ini adalah 'plester komedo' berpotensi menghilangkan minyak alami dan folikel rambut di sekitar hidung, yang mana itu bermanfaat bagi kulit. Artinya, semakin sering Anda mengangkat komedo dengan pore strips, semakin gambang iritasi dan kering kulit hidung Anda.

BACA JUGA : 5 Cara Ampuh Bersihkan Komedo di Wajah, Mulus Lagi!

3. Pilih sunscreen oil-free

Meski kulit Anda berminyak, sunscreen tetap diperlukan. Karena itu, pilih sunscreen yang oil-free, untuk meminimalisir produksi minyak berlebih yang malah bisa menutup pori-pori dan sebabkan munculnya komedo.

4. Rajin Eksfoliasi

Eksfoliasi penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Pengelupasan kulit tersebut perlu dilakukan untuk menjamin kulit tetap sehat.

Tapi, pada kondisi kulit berminyak atau mudah berjerawat yang biasanya banyak komedo, diusahakan untuk pilih exfoliant yang lembut, seperti exfoliant yang mengandung AHA dan BHA, bukan scrub dengan butiran kasar.

5. Hilangkan komedo dengan Clay mask

Maskeran

Clay mask atau masker clay bisa menjadi pilihan lain membuat kulit sekitar hidung terasa lebih lembut, karena komedo terangkat dengan baik. Cara kerja clay mask adalah membuat produksi minyak di kulit terkontrol dan dengan begitu komedo di hidung tidak gampang datang.

6. Pakai masker charcoal

Charcoal mask juga dianggap bisa menjadi senjata ampuh membuang komedo membandel. Arang memiliki sifat detoksifikasi alami yang bekerja cukup efektif di kulit. Dengan rutin menggunakan charcoal mask, kotoran di pori-pori bisa terangkat dan komedo jadi jarang terbentuk.

So, itu dia 6 cara menghilangkan komedo di hidung yang membandel. Anda bisa pilih yang terbaik untuk kulit Anda dan pastikan untuk pertimbangkan jenis dan kondisi kulit Anda, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini