Share

Mengenal Self Healing, Tren Hilangkan Stres di Kalangan Anak Muda Zaman Now

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 612 2576500 mengenal-self-healing-tren-hilangkan-stres-di-kalangan-anak-muda-zaman-now-1T4dl3lCfB.jpg Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube Partai Perindo)

ISTILAH self healing belakangan ini ramai digunakan anak-anak muda di Indonesia. Kalimat self healing, biasanya mengacu pada upaya untuk mengatasi stres yang terjadi sehari-hari, seperti karena urusan pekerjaan hingga asmara.

Terkait fenomena self healing yang ramai di kalangan anak muda, Sekjen Kartini Perindo, Eva Mutia turut membahasnya dalam Podcast Aksi Nyata Perindo #DariKamuUntukIndonesia, Minggu (10/4/2022).

Podcast Aksi Nyata Perindo

Dia mengatakan, masalah mental seperti stres dan depresi, bisa dialami oleh setiap orang. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, salah satunya perasaan kecewa, baik karena urusan pekerjaan hingga asmara.

BACA JUGA : Podcast Aksi Nyata Perindo: Heboh Fenomena Kaya Instan, Begini Pesan Ike Suharjo untuk Gen Z

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa itu self healing dan cara melakukannya demi mengatasi rasa stres itu sendiri.

“Healing itu kan penyembuhan. Jadi, self healing itu adalah penyembuhan kepada diri sendiri. Kenapa kita memerlukan self healing? Artinya kan ada luka, luka psikis yang harus diperbaiki,” kata Eva Mutia seperti dikutip dari YouTube Partai Perindo, Minggu.

BACA JUGA : Podcast Aksi Nyata Perindo: Ini Tips dari Ike Suharjo agar Milenial Tak Terjebak Investasi Bodong

Dia menjelaskan, banyak cara positif untuk self healing. Mulai dari langkah-langkah sederhana seperti meditasi hingga melakukan kegiatan menyenangkan yang dapat meringankan beban pikiran.

“Introspeksi diri, meditasi, mengapa ini terjadi kepada saya? Setelah kita introspeksi, kita harus menerima, menerima keadaan kita,” ujarnya.

Kemudian yang tak kalah penting yakni bersyukur. “Kalau menurut saya, bersyukur itu adalah obat mujarab untuk healing,” kata dia. “Carilah cara-cara pelampiasan atau healing yang positif. Seperti melakukan hobi kita, berolahraga, atau mendengarkan musik, traveling juga bisa menjadi cara self healing yang baik,” sarannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini