Share

7 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Menu Sahur

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 11 April 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 298 2577192 7-makanan-yang-bikin-kenyang-lebih-lama-cocok-untuk-menu-sahur-kWXuaqnqU4.jpg Ilustrasi Puasa. (Foto: Shutterstock)

SAAT berpuasa kita memang harus memperhatikan asupan makanan. Selain mengenyangkan, pastinya makanan yang kita konsumsi saat berpuasa memiliki nilai gizi yang cukup.

Biasanya, makanan yang mengenyangkan mengandung banyak serat dan protein. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Tidak hanya mengenyangkan, makanan-makanan ini juga mengandung nutrisi-nutrisi penting yang membuat tubuh lebih berenergi saat menjalani ibadah puasa. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama saat berpuasa.

Oatmeal

Makanan Puasa

Oatmeal memiliki kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan Anda energi dan membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan dari gandum ini sangat cocok Anda santap dengan tambahan madu, susu, almond, dan buah-buahan segar.

Kentang

Makanan Puasa

Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang sering digunakan untuk menggantikan nasi putih. Sama seperti oatmeal, kentang juga mengandung karbohidrat, protein dan serat yang tinggi. Anda dapat menyantap kentang saat sahur dengan cara direbus atau digoreng. Jika menginginkan manfaat lebih, Anda bisa memasak kentang bersama kulitnya. Kentang yang dimasak bersama kulitnya mengandung vitamin baik termasuk vitamin C dan potasium.

Telur

Makanan Puasa

Sudah bukan rahasia lagi bahwa telur merupakan salah satu sumber protein tinggi, termasuk 9 jenis asam amino esensial. Kaya akan protein dan lemak, telur bisa membantu Anda kenyang lebih lama saat berpuasa.

Sup

Makanan Puasa

Sup merupakan salah satu jenis makanan mengenyangkan yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai menu sahur. Mengandung banyak jenis sayur serta kandungan nutrisi dan air di dalamnya, sup dapat memberikan Anda energi lebih dan mengenyangkan.

Daging

Makanan Puasa

Daging ikan, sapi, ataupun ayam mengandung protein yang tinggi dan cocok dijadikan sebagai hidangan sahur Anda. Kandungan protein yang tinggi dapat membantu proses metabolisme untuk menghasilkan energi.

Beras Merah

Makanan Puasa

Beras merah kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat dijadikan pengganti nasi putih. Dijamin Anda akan kenyang lebih lama ketika mengonsumsi beras merah saat sahur.

Buah-buahan

Makanan Puasa

Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalam buah-buahan dapat memberikan energi kepada tubuh Anda saat sedang berpuasa. Serat yang tinggi dapat membantu pencernaan sehingga merasa kenyang lebih lama. Buah-buahan juga dapat membuat Anda lebih berenergi dan terhidrasi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini