Share

Selangkah dari Jakarta,Sensasi Berbuka Puasa di Tangerang dan Tangsel

Karina Asta Widara , Okezone · Selasa 12 April 2022 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 298 2577737 selangkah-dari-jakarta-sensasi-berbuka-puasa-di-tangerang-dan-tangsel-OB8yiOmVyJ.jpg Ngabuburit ke Scientia Square Park (Foto: Instagram @scientiasquare.park)

JAKARTA- Tidak hanya Jakarta yang punya daya tarik untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Sejumlah kota satelit di sekitar Jakarta kini telah semakin berkembang dan menawarkan sudut-sudut menarik untuk dikunjungi. Sebut saja kawasan Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kedua kawasan ini berkembang pesat, baik secara ekonomi ataupun permukiman, dalam dekade belakangan ini. Jika Anda mengunjungi kedua kawasan tersebut, ada sejumlah tempat yang menarik untuk ngabuburit.

Sebutlah area Scientia Square Park di Gading Serpong yang berhawa sejuk saat sore hari, Situ Cipondoh di Tangerang yang asri, Taman Kota Serpong di Serpong, dan Menteng Park di Bintaro yang cocok untuk berjalan-jalan santai sore menjelang berbuka puasa.

Soal makanan, jangan ditanya. Kawasan Tangerang dan Tangerang Selatan, yang meliputi area yang cukup populer seperti BSD, Tangerang Kota, Gading Serpong, Karawaci, Alam Sutera, hingga Bintaro dikenal sebagai gudangnya kuliner. Anda bisa menemukan beragam jenis makanan, baik makanan dari berbagai daerah di Indonesia maupun kuliner mancanegara.

Pengen lebih banyak informasi terbaru mengenai wisata kuliner atau wisata lainnya #DiIndonesiaAja? Follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok: @pesonaindonesia. Selain itu, Anda bisa mengikuti program Pesona Punya Kuis (PUKIS) untuk mendapatkan hadiah merchandise dan uang tunai jutaan rupiah bagi yang beruntung. Buat Anda yang suka bikin content video di Instagram, Yuk! Ikutan #AmbassadorKampungSini yang merupakan ajang kompetisi bagi warga lokal yang bisa menemukan wisata alam, kuliner, dan UMKM yang belum tersentuh. Tertarik? Segera daftar sayembara Akamsi dan dapatkan total hadiah puluhan juta rupiah.

Penasaran seperti apa kuliner beken yang ada di Tangerang dan Tangerang Selatan? Yuk, simak beberapa pilihan untuk lokasi berbuka puasa.

Pasar Lama Tangerang

 

 Ilustrasi pedagang es di pasar (Foto : Unsplash/Robbi.Firmansah)

Sudah sejak dari puluhan tahun lalu, Pasar Lama yang berlokasi di Tangerang ini kondang sebagai salah satu pusat kuliner. Bahkan, wisatawan yang berburu kuliner seolah belum lengkap jika belum menjejakkan kaki di pasar legendaris ini.

Soal jajanan, aneka gorengan khas Indonesia sudah pasti ada. Selain itu, masih ada odeng atau sate rebus khas Jepang atau toppoki khas Korea. Untuk makanan berat, sate ayam dan olahan ayam lainnya bisa ditemukan di sini. Belum lagi saat menjelang berbuka puasa. Anda akan menemukan varian camilan khas berbuka puasa seperti kolak dan es buah di sekitar Pasar Lama Tangerang.

Menariknya, pasar ini buka hingga malam hari. Jadi, Anda bisa mengajak teman atau keluarga ke Pasar Lama Tangerang dan mencicipi varian kulinernya yang menggoda selera.

Pasar Modern BSD

 

(Foto : Valent Hartadi)

Di Pasar Modern BSD, Serpong, Anda bisa menemukan beragam jajanan camilan ringan dan kue-kue. Pada siang hari, suasana pasar yang tidak terlalu ramai dan bersih akan membuat Anda merasa lebih nyaman dalam berburu jajanan atau berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Meskipun Pasar Modern BSD pada malam hari sudah tutup, Anda tidak perlu khawatir. Di sekitar Pasar Modern BSD, justru pusat kuliner seolah baru menggeliat. Anda akan menemukan beragam jenis makanan lezat dan banyak diburu orang. Mulai dari steak ala kaki lima, pecel lele, hingga makanan khas Jepang.

Bahkan, tidak jarang orang mengantri agar bisa mendapatkan tempat duduk. Untuk itu, ada baiknya Anda datang lebih sore sebelum berbuka puasa agar bisa mendapatkan tempat dan area parkir kendaraan.

Talaga Sampireun

 

(Foto : Instagram @talagasampireun)

Restoran khas Sunda yang memiliki jaringan di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya ini memang selalu menarik perhatian. Tidak hanya dari desain restoran yang mengusung nuansa tradisional Sunda yang kental, tetapi juga varian masakan lezat khas Sunda yang seakan cocok untuk lidah siapa saja.

Talaga Sampireun yang satu ini berlokasi di daerah Bintaro, Tangerang Selatan. Ketika masuk ke Talaga Sampireun, Anda akan disuguhi saung-saung atau semacam gubuk yang unik yang seakan mengambang di atas air.

Karena lokasinya yang strategis dan namanya yang sudah terkenal, ada baiknya Anda melakukan pemesanan atau reservasi jauh-jauh hari jika ingin berbuka puasa bersama teman dan keluarga di Talaga Sampireun agar mendapatkan tempat.

Burgreens

 

 Foto : Instagram @burgreens

Restoran yang populer belakangan ini karena menawarkan varian kuliner yang sehat bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga atau sahabat untuk berbuka puasa. Masih berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Burgreens ini menawarkan tempat bersantap yang kental dengan suasana alami. Anda akan betah menghabiskan waktu di sini sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Untuk menu, Burgreens memang memiliki varian yang sedikit unik. Anda akan menemukan olahan “hijau-hijau” di sini. Artinya, menu yang disajikan rata-rata menggunakan bahan makanan dari sayur-sayuran. Burgreens memang restoran yang menyajikan makanan khusus vegetarian.

Meskipun demikian, restoran ini perlu dicoba karena varian makanannya yang berbeda. Misalnya, Anda bisa menemukan menu burger dan steak yang terbuat dari olahan jamur, sayuran, atau biji-bijian.

Meskipun Anda dan keluarga atau sahabat bisa ngabuburit dan berbuka puasa di luar rumah, ingatlah senantiasa untuk menerapkan protokol kesehatan. Cucilah tangan dengan sabun ketika berada di restoran sebelum menikmati hidangan berbuka puasa. Hindari pula berdesak-desakan di sekitar kawasan kuliner.

Menjaga protokol kesehatan juga merupakan arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan berjalan dengan tepat agar tidak terjadi peningkatan kasus covid-19 saat Ramadan dan Lebaran walaupun pandemi telah menurun signifikan secara nasional.

“Disiplin dalam penggunaan Peduli Lindungi terutama pada waktu berbuka di mal, restoran, dan kafe. Seiring dengan turunnya kasus, dan selama dua tahun ini, masyarakat yang ingin mengadakan kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan open house Idul Fitri harus memperhatikan protokol kesehatan,” kata Menparekraf.

Saat ini masyarakat diberikan kelonggaran dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Ditambah cakupan vaksinasi yang terus mengalami peningkatan, ini dikarenakan pemerintah gencar dalam melakukan vaksinasi di tempat-tempat ibadah selesai salat tarawih.

(CM)

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini