Share

Tips Ajarkan Anak Berpuasa, Salah Satunya saat Siapkan Buka dan Sahur

Tim Okezone, Okezone · Selasa 12 April 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 612 2577705 tips-ajarkan-anak-berpuasa-salah-satunya-saat-siapkan-buka-dan-sahur-kzuYOlt7Ad.jpg Ilustrasi Anak Berpuasa. (Foto: Shutterstock)

MENJALANI bulan Ramadan tahun ini, kita memang sudah disambut dengan berita baik yakni pemerintah mengizinkan untuk melakukan mudik. Bulan Ramadan kali ini pun terasa cukup berbeda meskipun masih di masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, masyarakat juga sudah diizinkan untuk buka bersama, meskipun masih harus menerapkan protokol kesehatan. Nah, bagi beberapa orang, bulan puasa tahun ini juga mungkin spesial, karena menjadi bulan puasa pertama bagi buah hati mereka.

Memang, untuk mengajarkan anak menjalankan ibadah puasa tidak mudah. Pasalnya, anak-anak yang beraktivitas lebih cepat merasa lapar dan haus. Bukan hanya itu, mereka pun bisa kekurangn nutrisi dan dehidrasi, jika memang tidak tepat menjalankan ibadah puasa.

Karenanya, perlu didukung dengan asupan makanan yang seimbang agar tetap fit dan sehat saat berpuasa. Jenama fesyen anak Wilio seperti dilansir dari Antara, membagikan sejumlah kiat bagi orang tua agar mampu menjadi pemantik semangat si kecil dalam menjalankan puasa.

Anak Puasa

Pertama, beri contoh kepada anak seperti apa puasa yang baik dan benar, dengan menjelaskan bahwa berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, bisa dengan menunjukkan lewat tontonan edukasi islami

Lebih lanjut, ajak anak membantu menyiapkan kebutuhan berbuka dan sahur, mulai dari hal kecil seperti menyiapkan minuman atau kudapan berbuka di sore hari.

Selanjutnya, orangtua bisa menciptakan suasana atau dekorasi Ramadan di rumah, bisa dibuat dengan sederhana, seperti menempelkan ornamen bernuansa Ramadan yang dibuat sendiri bersama anak.

Agar anak tidak bosan dan lemas saat menjalankan puasa, saat menjelang waktu berbuka, orang tua bisa mengajak anak melakukan latihan ringan namun tetap bermanfaat, seperti yoga, sit-up, push-up, atau senam.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini