Share

Tips Sahur dan Buka Puasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 12 April 2022 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 612 2577810 tips-sahur-dan-buka-puasa-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui-vKg1CXPuwb.jpg Ibu hamil puasa (Foto: Hindustan times)

TIPS sahur dan buka puasa untuk ibu hamil dan menyusui. Bulan Ramadhan, menjadi bulan istimewa bagi umat muslim karena diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Berpuasa adalah menahan nafsu salah satunya menahan makan dari waktu subuh sampai maghrib.

Hanya saja, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak menjalani puasa. Diantaranya adalah ibu hamil dan menyusui.

Para ibu hamil dan ibu menyusui kerap kali merasa was-was saat memasuki bulan Ramadhan. Mereka khawatir puasa yang dilakukan di bulan suci ini dapat mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin atau bayi.

Seperti dilansir dari Telemed, sebuah penelitian di Inggris membuktikan bahwa berpuasa tidak memengaruhi kondisi janin ibu hamil. Meski begitu, selama ibu dan sang janin sehat, maka akan aman untuk menjalani puasa. Berikut tips menjalani puasa bagi ibu hamil dan ibu menyusui:

menu sahur

Pilih menu sahur yang tepat

 Ketika sahur, ibu hamil dan ibu menyusui harus memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi. Pilih makanan sahur dengan gizi yang baik dan tidak bersantan, seperti sayur, buah, dan karbohidrat kompleks.

Sebab, dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan yang seimbang, akan membantu memperkuat ibu hamil dan ibu menyusui selama menjalani puasa.

Kurangi aktivitas yang menguras tenaga

Ketika berpuasa, ibu hamil sangat disarankan untuk memperbanyak istirahat dan tidak melakukan aktivitas yang banyak membakar kalori seperti berolahraga yang terlalu berat dan melakukan aktivitas yang terlalu menguras tenaga.

Pasalnya, apabila kalori yang dimiliki tubuh terlalu banyak yang terbakar, maka akan mengakibatkan dehidrasi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya ibu hamil dan ibu menyusui yang menjalani puasa, untuk memperbanyak istirahatnya.

Pilih menu berbuka yang baik

Berbuka puasa merupakan kesempatan untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Jadi, penting untuk memilih menu berbuka puasa untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Awali berbuka puasa dengan minum teh manis hangat dan kurma, serta hindari berbuka puasa dengan minuman dingin. Perhatikan makanan yang dikonsumsi untuk mempertahankan keseimbangan gizi yang diperoleh, seperti karbohidrat dan sayuran. Penuhi juga kebutuhan asupan cairan tubuh dengan meminum air yang cukup.

Demikian tips sahur dan buka puasa untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa diikuti. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini