Share

Podcast Aksi Nyata Perindo: Bahaya Pernikahan Dini di Indonesia

Siska Permata Sari, Okezone · Selasa 12 April 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 612 2577863 podcast-aksi-nyata-perindo-bahaya-pernikahan-dini-di-indonesia-G8JbQwVYLm.jpg Podcas Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube/Partai Perindo)

PERNIKAHAN dini masih menjadi persoalan tersendiri di tengah masyarakat Indonesia. Berdasarkan data tahun 2018, 1 dari 9 anak di Indonesia menikah sebelum usia 18 tahun.

Dengan data tersebut, ada 1,2 juta perempuan di Indonesia yang menikah sebelum genap berusia 18 tahun. Bahkan, Indonesia sendiri termasuk dalam 10 negara yang memiliki angka prevalensi pernikahan anak yang tinggi.

Podcast Aki Nyata Perindo

Melihat fenomena ini, Podcast Aksi Nyata Perindo #DariKamuUntukIndonesia turut menyoroti dan membahasnya bersama Wasekjen Kartini Perindo Resita Kaniya. Dia mengungkapkan, ketidaksetujuannya terhadap adanya pernikahan dini yang masih terjadi di Indonesia.

“Terutama dari segi wanita ya. Di usia 12-20 tahun itu, organ reproduksi (wanita) masih dalam tahap pertumbuhan. Jadi kalau misalnya dia menikah muda, itu akan ada risiko (dari segi kesehatan),” kata Resita Kaniya seperti dikutip dari YouTube Partai Perindo, Selasa (12/4/2022).

BACA JUGA : Kupas Tuntas 3 Cara Atasi Cemas ala Psikolog di Podcast Aksi Nyata Perindo

BACA JUGA : Podcast Aksi Nyata Perindo: Medsos Bisa Picu Stres, Begini Cara Atasinya

Salah satu masalah kesehatan yang berpotensi timbul adalah kanker mulut rahim atau kanker serviks bagi perempuan. Tidak hanya itu, kehamilan dan persalinan juga memberikan risiko kesehatan tersendiri bagi ibu yang terlalu muda dan juga bayinya.

“Bagi bayinya juga ada risikonya, seperti kematian, lahir prematur dan stunting,” kata Resita.

Dia mengatakan, pernikahan dini yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya seperti pendidikan hingga ekonomi. Oleh karenanya untuk mengentaskan itu, yang diperlukan adalah memperbaiki perekonomian dan mindset, baik kepada anak-anak muda serta orangtua.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini