Share

5 Menu Buka Puasa Khas Bali, Gak Cuma Sate Lilit Lho!

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 13 April 2022 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 298 2578424 5-menu-buka-puasa-khas-bali-gak-cuma-sate-lilit-lho-QHKhCgz3xx.jpg Menu Buka Puasa Khas Bali (Foto: B-KYU)

MENU buka puasa khas Bali dalam artikel ini pastinya akan mengunggah selera makan Anda. Bali memang tidak hanya memiliki keindahan alam dan kekayaan budayanya, tapi juga aneka kuliner lezat.

Selama ini mungkin sebagian orang hanya familiar dengan Nasi Campur Bali atau Satai Lilit sebagai kuliner khas Bali. Padahal masih banyak ragam kuliner Bali dengan cita rasa lezat mulai dari kudapan manis yang ringan, lauk pauk, hingga minuman menyegarkan yang cocok sebagai menu buka puasa.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/4/2022) yuk intip paparan singkat lima makanan khas Bali yang pas disajikan untuk berbuka puasa.

1. Es kuwut

Menu Buka Puasa Khas Bali

(Menu Buka Puasa Khas Bali, Foto: Cookpad)

Pada dasarnya ini adalah es kelapa, kuwut dalam bahasa Bali artinya adalah kelapa. Tapi yang membuat spesial, bukan es kelapa polosan loh! Tapi air kelapa muda yang segar dan manis dicampur dengan potongan buah melon, jeruk nipis dan selasih. Rasa segar, asam, dan manis yang berpadu dengan dinginnya es, sangat cocok untuk menyegarkan dahaga setelah seharian berpuasa.

BACA JUGA :ย Resep Es Kuwut Melon Serut, Minuman Segar Khas Bali Cocok untuk Berbuka Puasa

2. Ayam betutu

Menu Buka Puasa Khas Bali

(Menu Buka Puasa Khas Bali, Foto: Ayambetutubalicom)

Bicara kuliner khas Bali tidak bisa melewatkan menu yang satu ini. Ayam betutu khas Bali yang kaya rasa rempah dan gurih bisa jadi alternatif sempurna pengolahan ayam untuk lauk buka puasa. Ayam cemani yang dimasak bersama bumbu spesial, bumbu base genep yakni bawang merah dan putih, cabai, kemiri, terasi, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir, dan kencur yang dihaluskan lalu ditumis. Bagi yang rasanya mau lebih โ€˜liarโ€™ bisa pakai ayam hitam.

3. Lak-Lak

Menu Buka Puasa Khas Bali

(Menu Buka Puasa Khas Bali, Foto: Shutterstock)

Salah satu kuliner khas Tabanan, punya bentuk visual mirip surabi atau serabi. Berbentuk bundar dan berwarna hijau muda. Kudapan ringan yang punya rasa manis ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, tepung terigu, serta air. Bisa dimakan dengan saus gula merah dan taburan kelapa parut atau ditambahkan irisan buah pisang di tengah adonannya. Ringan dan manis, cocok dimakan sebagai hidangan pertama yang dimakan saat berbuka puasa.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Nasi Jinggo

Menu Buka Puasa Khas Bali

(Menu Buka Puasa Khas Bali, Foto: B-KYU)

Hidangan lengkap pas dimakan untuk buka puasa, karena sudah mengandung karbohidrat, protein hewani dan sayuran dalam satu piring. Makanan khas Bali yang satu ini adalah nasi putih dengan porsi kecil disajikan bersama tempe orek, serundeng, suwiran ayam, satai lilit Bali dan sayur buncis tumis lalu dimakan bersama bumbu dan sambal khas Bali yang pedas dan gurih, menggugah selera.

5. Bubur Mengguh

Menu Buka Puasa Khas Bali

(Menu Buka Puasa Khas Bali, Foto: @nasibubuhbali_asli)

Bubur yang diketahui makanan khas dari Desa Tedjakula, Bon Dalem, Buleleng. Jika bubur ayam di Jawa dimakan tanpa menggunakan kondimen sayur, nah bubur khas Bali ini disaijkan dengan potongan daging ayam berbumbu dan kuah ayam kental tapi juga bersama urapan sayur, serundeng dan kacang goreng yang menjadi ciri khasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini