Share

5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Kulit saat Puasa

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 611 2578486 5-tips-sederhana-jaga-kesehatan-kulit-saat-puasa-eDrPmrwo95.jpg Ilustrasi Perawatan Kulit. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu masalah kulit yang biasa terjadi ketika seseorang berpuasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Pasalnya, ketika berpuasa maka tubuh akan kekurangan cairan lantaran tidak mengonsumsi minuman lebih dari 12 jam.

Dokter spesialis kulit dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV mengatakan, bukan hanya bibir kering dan pecah-pecah saja yang dapat menyerang, tetapi juga jerawat. Tapi, bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diatasi ketika kita berpuasa.

Berikut ini adalah tips sederhana namun jitu untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadan, dikutip dari siaran pers Tokopedia.

Perhatikan durasi mandi dan suhu air

Hindari mandi terlalu lama terlebih menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dalam jangka panjang. Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

Merawat Kulit

Banyak minum air putih

Selama Ramadan, pastikan asupan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi guna menjaga kelembapan kulit. Diketahui, manusia membutuhkan minimal 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Kardiana menyarankan untuk minum dua gelas saat sahur dan sebelum imsak, lalu enam gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur. โ€œHindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim,โ€ tambah dia.

Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Makanan yang dikonsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi kulit. Kurma, misalnya. Kardiana mengatakan, konsumsi kurma secara wajar dapat membuat kulit menjadi lembut. "Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembaban kulit,โ€ ujarnya.

Pilih tekstur pelembap sesuai kondisi kulit

Kardiana menyarankan untuk memilih pelembap bertekstur ringan atau water based untuk kulit berminyak. Sedangkan untuk kulit kering, pilih pelembap yang teksturnya lebih pekat atau creamy. "Jika sedang mengalami masalah eksim pada kulit, gunakan lotion dengan kandungan hypoallergenic," imbuhnya.

Kurangi pemakaian produk yang memicu kulit kering

Meskipun rangkaian perawatan kecantikan kulit tetap harus dijalankan secara rutin selama Ramadan, hindari produk eksfoliasi yang dapat mengikis sel-sel kulit untuk sementara. Pasalnya, selama puasa, kondisi kulit cenderung lebih kering dari biasanya.

โ€œCek kandungan pada skincare. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari dulu produk yang mengandung cairan acid seperti AHA, BHA, retinol dan sebagainya karena dapat menimbulkan iritasi,โ€ kata Kardiana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini