Share

Ajarkan Anak Cuci Tangan Bisa Jadi Cara Bonding Ayah dengan Buah Hati Loh

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 13 April 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 612 2578506 ajarkan-anak-cuci-tangan-bisa-jadi-cara-bonding-ayah-dengan-buah-hati-loh-eZlbtVitT4.jpg Ilustrasi Cuci Tangan. (Foto: Shutterstock)

STUDI menunjukkan bahwa peran ibu sangat mendominasi tumbuh kembang anak. Artinya, peran ayah memang tidak terlibat dalam aktivitas stimulasi anaknya.

Dokter Spesialis Anak dr Mesty Ariotedjo, Sp.A, mengungkapkan bahwa studi menunjukkan 47,8% ayah tidak terlibat di aktivitas stimulasi apapun si kecil. Padahal, menurutnya peran ayah itu sangat berpengaruh pada perkembangan si kecil, terutama perkembangan sosial emosionalnya.

"Perkembangan sosial emosional amat penting untuk anak karena ini menentukan bagaimana si kecil meregulasi emosinya," terang dr Mesty seperti dilansir dari Antara.

Anak Cuci tangan

Aktivitas stimulasi anak yang sederhana yang sebetulnya bisa diajarkan ayah kepada anaknya adalah bagaimana cuci tangan dengan baik dan benar. Siapa sangka, kebiasaan sederhana itu bukan sekadar hal sepele tapi punya peran penting dalam menentukan kecerdasan si kecil.

Ya, cuci tangan adalah contoh dari aktivitas stimulasi yang bisa diajarkan ke si kecil. Bahkan, lanjut dr Mesty, berdasarkan data studi dikatakan bahwa cuci tangan yang diajarkan ke anak di bawah 9 bulan membuat si kecil lebih cerdas dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan sama sekali.

"Studi menunjukkan bahwa anak yang diajarkan cuci tangan sebelum usia 9 bulan memiliki kecerdasan yang lebih baik pada segala aspek dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan," katanya.

Dokter Mesty menambahkan, peneliti juga menemukan bahwa anak yang sebelum usia 9 bulan sudah diajarkan cuci tangan kejadian diarenya lebih rendah 50 persen dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan dalam usia 2,5 tahun pertama kehidupan.

Jadi, untuk para ayah yuk mulai terlibat dalam setiap proses tumbuh kembang anak sejak kecil. Ini tugas bersama dengan istri, bukan hanya dilimpahkan kepada ibunya si anak saja.

Dokter Mesty memberi contoh sederhana yaitu mengajarkan si kecil cuci tangan. Bukankah itu tidak susah dan sepertinya tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukannya, bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini