Share

Minum Es Saat Berbuka Puasa Tidak Baik bagi Tubuh, Ini Alasannya!

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Kamis 14 April 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 298 2579043 minum-es-saat-berbuka-puasa-tidak-baik-bagi-tubuh-ini-alasannya-qvRC1DpXKm.jpg Minum es saat berbuka puasa tidak baik bagi tubuh (Foto: Swifter)

MINUM es saat berbuka puasa tidak baik bagi tubuh. Demikian yang disampaikan oleh dr. Saddam Ismail dalam kanal YouTube pribadinya.

Di Bulan Ramadan, berbuka puasa dengan minum es memang sudah menjadi sebuah kebiasaan. Tak heran jika beragam varian es, seperti es teh dan es buah tidak pernah absen dari daftar menu buka puasa.

Minum Es Saat Berbuka Puasa Tidak Baik bagi Tubuh

(Minum Es Saat Berbuka Puasa Tidak Baik bagi Tubuh, Foto: Saddam Ismail/YouTube)

Tetapi perlu diketahui, meski berbuka dengan minum es terasa segar dan bisa melepas dahaga, ada efek samping yang kurang baik bagi kesehatan. Ya, kebiasaan ini bisa memperlambat kinerja lambung, kata dr. Saddam Ismail.

"Karena dia berusaha menyesuaikan suhu air dengan suhu tubuh," tuturnya dalam kanal YouTube Saddam Ismail, Kamis (14/4/2022).

Selain itu, selama berpuasa perut tidak terisi makanan dan minuman selama 13 jam, sehingga tubuh akan merasa kaget atau mengalami kontraksi ketika langsung menerima minuman es maupun air dingin. Ini membuat perut mudah penuh dan cenderung terkena gangguan perut kembung serta mules, terutama bagi penderita maag.

"Udah lama ditinggalkan makanan, tidak ada minum yang terjun ke pencernaan, tiba-tiba suhunya dingin. Jadi, tubuh kita kaget," ujar dr. Saddam Ismail.

Minum Es Saat Berbuka Puasa Tidak Baik bagi Tubuh

(Minum Es Saat Berbuka Puasa Tidak Baik bagi Tubuh, Foto: Swifter)

Melansir SehatQ, dr. Karlina Lestari juga menyebutkan, minum es saat berbuka puasa bisa memicu terjadinya radang tenggorokan. Minuman es yang dimaksud bukan hanya air dingin, tetapi dicampur dengan berbagai macam bahan dan pemanis, seperti sirup, kental manis, serta pewarna maupun perasa buatan lainnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Pasalnya, minum es yang banyak mengandung pemanis saat berbuka dapat memicu terjadinya penumpukkan lendir di tenggorokan, apalagi bila dilakukan setiap hari. Hal ini bisa membuat Anda batuk dan terkena radang tenggorokan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk berbuka puasa dengan minum es.

Sebaiknya, minumlah air putih dengan suhu ruang saat berbuka puasa. Pasalnya, air putih bisa membantu melepas dahaga dan memenuhi kebutuhan cairan yang tidak bisa dicapai selama puasa. Meski begitu, Anda tidak disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak air dalam sekali minum. Anda bisa memenuhinya dengan minum perlahan-lahan sepanjang malam setelah berbuka puasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini