Share

Alasan Buka Puasa Disarankan Makan yang Manis, Simak Yuk!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 612 2579187 alasan-buka-puasa-disarankan-makan-yang-manis-simak-yuk-UlJvst5AoU.jpg Buka puasa makan yang manis (Foto: Inst )

BUKA puasa disarankan untuk makan yang manis-manis. Apakah ini ada kaitannya dengan kesehatan tubuh atau sebatas mitos.

Menurut laman Body Building, setelah seseorang berpuasa memang ada beberapa makanan atau minuman yang direkomendasikan, salah satunya makanan segar yang rasanya manis.

 menu buka puasa

Tapi, yang paling penting sebetulnya adalah Anda memastikan apa yang dikonsumsi itu kadarnya normal dan bernilai gizi seimbang.

"Rencanakan makanan Anda saat buka puasa itu menggabungkan sumber nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, dan lemak. Ketika Anda buka puasa dengan makanan sehat, ini memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang baik setelah Anda berpuasa," tulis laman kesehatan tersebut.

Makanan manis yang direkomendasikan untuk berbuka puasa bisa bersumber dari buah atau sayuran. Untuk buah sendiri, Anda bisa mengandalkan apel, bluberi, stroberi, anggur, jeruk, atau kiwi. Sumber manis dari buah lebih baik daripada gula buatan.

Beberapa sumber juga merekomendasikan Anda untuk berbuka puasa dengan kurma. Buah yang satu ini dianggap sangat cocok untuk buka puasa karena pengganti gula alami yang baik.

Ya, saat Anda puasa banyak gula yang hilang dan dengan mengonsumsi kurma, kadar gula dalam tubuh bisa tercukupi tanpa khawatir efek samping buruk.

"Kurma itu tinggi gula baik, mengandung potasium, magnesium, zat besi, dan sejumlah kecil protein dan lemak. Selain itu, kurma juga mengandung fitonutrien dan pada kurma yang segar mengandung vitamin C juga," terang laman The Spruce Eats.

Terlepas dari itu semua, Dokter Yudhan Triyana menyarankan agar mengonsumsi makanan dan minuman saat berbuka puasa dengan jumlah secukupnya.

"Makan atau minum sesuatu yang manis juga jangan berlebihan. Rasa manisnya juga pilih yang tidak terlalu berlebihan.

 BACA JUGA:Resep Es Kolang Kaling Manis, Segar Buat Buka Puasa!

"Saat buka puasa misalnya, pilih kurma, minum air putih, dan makan takjil yang tidak terlalu manis, karena jika tinggi gula dan kalori, itu akan jadi cepat kenyang dan akan mengganggu kadar gula dalam darah untuk mereka yang memang harus memperhatikannya," ujar dr Yudhan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini