Share

Saat Buka Puasa Banyak Orang Makan Kurma, Apa Saja Manfaatnya?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 298 2579538 saat-buka-puasa-banyak-orang-makan-kurma-apa-saja-manfaatnya-9Tq9FNCooz.jpg Kurma untuk buka puasa (Foto: Summer spring)

BUAH kurma merupakan salah satu buah yang istimewa di bulan puasa. Banyak orang mengonsumsinya saat berbuka puasa.

Kurma yang manis kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan energi, sekaligus mengelola kadar gula darah.

Dilansir dari Chatelaine, terdapat sejumlah manfaat kurma. Oleh karena itu saat berbuka disarankan makan kurma. Apa saja manfaatnya?

 kurma

1. Kurma membantu menjaga massa tulang

Penelitian menunjukkan bahwa pengeroposan tulang pada wanita pasca menopause dengan osteopenia dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan kalium. Satu kurma kering menyediakan hampir 140 miligram nutrisi berharga ini.

Para ilmuwan percaya bahwa asupan kalium yang tinggi melindungi massa tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui ginjal.

2. Kurma dapat menyeimbangan gula darah

Peneliti diabetes telah menunjukkan bahwa kurma memiliki dampak glikemik yang rendah. Ini berarti bahwa makan kurma, dapat membantu penderita diabetes tipe-2 mengelola gula darah dan kadar lemak darahnya.

 

3. Kurma mengandung penguat otak

Setiap kurma mengandung lebih dari dua miligram kolin, vitamin B yang merupakan komponen dalam asetilkolin, neurotransmitter memori. Asupan kolin lebih tinggi dikaitkan dengan memori dan pembelajaran yang lebih baik, menjadikannya nutrisi utama untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua yang berisiko terkena Alzheimer.

 BACA JUGA:Ide Menu Takjil Olahan Kurma Praktis dan Lezat ala Shopee dan Sisca Soewitomo

4. Kurma merupakan sumber antioksidan

Semua kurma, segar atau kering, mengandung berbagai jenis antioksidan. Kurma segar mengandung antosianidin dan karotenoid, sedangkan kurma kering mengandung polifenol, seperti halnya teh hijau. Percobaan dalam kimia makanan menunjukkan bahwa kurma Khalas , kurma Madinah memiliki antioksidan tertinggi jika dibandingkan dengan varietas kurma lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini