Share

Kenali Penyebab Pusing Setelah Olahraga saat Puasa, Yuk Cegah Sebelum Terlambat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 16 April 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 612 2579837 kenali-penyebab-pusing-setelah-olahraga-saat-puasa-yuk-cegah-sebelum-terlambat-AYagTT2E75.jpg Ilustrasi Pusing Setelah Berolahraga. (Foto: Shutterstock)

ADA penyebab pusing setelah olahraga saat puasa, biasanya dikarenakan asupan makanan bergizi yang tidak seimbang, tetapi juga kurangnya asupan cairan. Pasalnya, ketika menjalani puasa Ramadan 12-13 jam sehari, biasanya seseorang akan mengalami pusing.

Ada dua jenis sakit kepala saat olahraga yaitu primer dan sekunder. Latihan primer adalah sakit kepala yang biasanya berlangsung antara lima menit dan 48 jam sementara sekunder bisa berlangsung lebih lama dan parah. "Olahraga berat adalah penyebab paling umum," kata Dr. Danan.

Seperti angkat berat intensitas tinggi. Penyebab lain dan faktor risiko termasuk perubahan ketinggian, dehidrasi, panas, kelembapan, dan gula darah rendah. Berikut penyebab pusing setelah olahraga saat puasa:

Pusing Setelah Olahraga

Kadar gula darah menurun

Penyebab pusing yang pertama adalah tubuh kekurangan cairan, atau dehidrasi. Ini karena seseorang harus menahan haus dari waktu imsak di pagi hari hingga berbuka puasa saat Magrib.

Dehidrasi memicu volume otak menyusut dan tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Alhasil, selaput otak mengirim sinyal rasa sakit ke seluruh bagian otak. Karenanya, penting memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa di bulan Ramadan. Cobalah minum minimal 8 gelas dalam rentang waktu berbuka hingga sahur.

Kurang tidur

Penyebab pusing berikutnya adalah kurang tidur. Ini biasanya terjadi saat awal-awal menjalani puasa Ramadhan karena tubuh masih beradaptasi dengan pola tidur yang berubah.

Putus kafein

Anda yang sudah menjadi pencandu kafein bisa mengalami pusing saat puasa Ramadan. Karena, dalam sehari Anda bisa saja tiba-tiba tidak mengonsumsi kafein. Anda bisa mengalami yang disebut gejala putus kafein, seperti lemas, sakit kepala dan gelisah.

Tekanan darah turun

Tekanan darah yang turun saat puasa bisa menjadi penyebab pusing. Saat tekanan darah turun, pusing terjadi karena jantung tak cukup memompa darah ke otak. Sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi saat sahur dan berbuka puasa agar tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini