Share

Begini Tips Makan Gorengan agar Tetap Sehat Saat Buka Puasa

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 16 April 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 481 2579955 begini-tips-makan-gorengan-agar-tetap-sehat-saat-buka-puasa-WAwcTuGUBC.jpg Ilustrasi Tips Sehat Makan Gorengan. (Foto: Shutterstock)

ADA tips makan gorengan agar tetap sehat saat buka puasa loh. Memang, takjil yang paling sering dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat Indonesia adalah gorengan, karena mudah dicari dan murah meriah. Tapi, kebiasaan makan gorengan berlebihan bisa memberikan efek negatif.

Diterangkan Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam, makan gorengan sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia. Rasanya akan sangat sulit menghilangkan menu gorengan di saat berbuka puasa.

Agar makan gorengan tetap aman, Prof Ari menyarankan agar tidak memakannya saat awal mengonsumsi makanan saat berbuka puasa.

"Sesuai sunah Rasul, ada baiknya berbuka dengan air putih dan kurma dulu jika ada. Jika tidak ada, bisa diganti dengan jus, buah, atau kue-kue kecil," katanya dalam keterangan virtual beberapa waktu lalu.

Makan Gorengan

Prof Ari melanjutkan, setelah buka dengan makanan yang manis-manis, tentu dengan takaran yang benar, ya, baru menjalankan ibadah salat Maghrib, dan makan berat kemudian.

"Tahapan ini penting supaya lambung enggak kaget. Bagaimana pun, lambung itu perlu dipersiapkan secara bertahap karena dalam 14 jam sebelumnya kosong," ungkapnya.

"Nah, gorengan bisa dimasukkan ke dalam menu makan berat tersebut. Tapi ingat, makan gorengan juga harus hati-hati. Intinya, jangan saat berbuka langsung makan gorengan karena tenggorokan masih butuh hidrasi," katanya.

Soal jumlah, Prof Ari menyatakan makanan gorengan jangan berlebihan. Pasalnya, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. "Lalu, usahakan gorengannya buatan sendiri, ya, biar terjamin kebersihan dan keamanannya" tambah dia.

Di sisi lain Chef Muto memberikan tips untuk mendapatkan gorengan yang sehat, yakni terlihat dari beberapa penyajiannya. Jika gorengan dibuat sendiri, usahakan untuk menggunakan minyak yang mengandung rendah kolesterol. “Gunakan minyak yang baik. Artinya minyak yang tidak gampang beku, minyak yang banyak mengandung asam tidak jenuh," kata Chef Muto.

Perhatikan juga beberapa jenis bahan makanan untuk membuat gorengan. Pilihlah bahan yang tidak gampang menyerap minyak agar baik untuk kesehatan. “Usahakan juga memotong tipis bahan olahan apabila mau digoreng. Kemudian goreng sampai kering dan tidak setengah matang,” bebernya.

“Tiriskan minyak sampai benar-benar kering. Kemudian simpan gorengan pada tempat yang sudah diberi alas bahan yang bisa menyerap minyak," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini