Share

Anak Gagal Masuk Negeri, Banyak Jalan Raih Kesuksesan Kok

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 16 April 2022 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 612 2579855 anak-gagal-masuk-negeri-banyak-jalan-raih-kesuksesan-kok-XUjX2hn2QZ.jpg Anak ujian. (Foto: Shutterstock)

ORANGTUA disibukkan mencari perguruan tinggi setelah ujian sekolah selesai. Namun untuk mencari yang terbaik terbilang tak mudah.

Apalagi ketika si anak tidak berhasil lolos melalui jalur SBMPTN. Tenang Bun, ini bukanlah akhir segalanya.

Bukan pula berarti perjuangan anak untuk menempuh perguruan tinggi harus pupus. Masih banyak jalan menuju Roma, begitu juga menuju kesuksesan meraih impiannya.

Vlogger Indra Sugiarto pernah mengatakan, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan ketika tak lolos perguruan tinggu negeri. Saat menghadapi kenyataan itu, bukan berarti berhenti di tengah jalan.

"Karena meraih kesuksesan tidak harus melalui perguruan tinggi negeri," ujarnya dalam YouTube.

Dia juga mennyebut, di Indonesiaterdapat 4.485 perguruan tinggi di antaranya 85 PTN. Jadi, masih ada sekira 4.400 pilihan perguruan tinggi swasta yang bisa kamu tempuh.

"Kamu juga bisa mempertimbangkan akredetasi, kualitas akademik, hingga ketersediaan beasiswa," lanjutnya.

Ditanggapi Rektor Binus University, Prof Dr Ir Harjanto Prabowo, MM, saat memilih perguruan tinggi swasta, maka yang penting adalah kualitas akademik. Sekalipun tak mampu bayar mahal, manfaatkan beasiswa.

"Begitu juga dengan adanya reputasi yang diberikan dari penyerap lulusan, sitasi per makalah, dan dampak penelitian yang sesuai dengan standar internasional,” ujarnya.

Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2022, Binus University salah satu perguruan tinggi yang mendapat rangking kelas dunia. Sementara berdasarkan daftar yang dirilis lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds tersebut, kampus ini masuk ke dalam pemeringkatan melalui rumpun ilmu Computer Science & Information Systems.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini