Share

Gara-Gara Pandemi, Pria Ini Malah Sukses Jualan Diecast Mobil

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 16 April 2022 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 612 2580107 gara-gara-pandemi-pria-ini-malah-sukses-jualan-diecast-mobil-2IFqMm17FL.png Eko Setiawan.

PANDEMI Covid-19 memang membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya. Tapi, pandemi juga nampaknya membuka pintu rejeki untuk beberapa orang.

Salah satunya adalah pria bernama Eko Setiawan. Eko yang awalnya merupakan seorang kontraktor, karena pandemi Covid-19 jadi banting setir menjadi pengusaha miniatur kendaraan. Berawal dari hobinya sebagai Diecast Collector atau kolektor miniatur mobil, Eko kini menjalankan usaha custom mobil miniatur.

“Awalnya sejak 2017 memang sudah koleksi, lalu pandemi proyek di kerjaan enggak ada. Ini awalnya side job di rumah, tapi pas pandemi ternyata pesanan malah semakin banyak. Enggak hanya dari Indonesia tapi juga dari luar negeri. Akhirnya saya tekuni saja, ” ujar Eko, dikutip dari tayangan di kanal Youtube Partai Perindo "Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia" dengan tema Antara Miniatur Kendaraan, Koleksi & Nilai Jual, Sabtu (16/4/2022).

Diecast

Sebagai pembuat mobil diecast yang meng-custom mobil miniatur. Eko sehari-hari mengerjakan pesanan klien, mewujudkan model mobil yang sudah ada di pasaran di-retouch sesuai order. Menjadikan miniatur kendaraan tersebut jadi barang terbatas alias limited edition.

“Mobil yang sudah ada di pasaran saya remake sesuai order. Jadi valuenya lebih, bukan sekedar mobil mainan, ada nilai seni dan limited jadinya,” lanjutnya.

Menariknya, awalnya ia tidak memiliki keterampilan untuk merakit membuat diecast miniatur kendaraan. Eko mengaku semua kemampuan ia pelajari secara otodidak.

“Sebetulnya enggak ada basic sama sekali, jadi gabung grup khusus custom di Facebook. Di sana kumpul, yang baru atau pun yang sudah pro. Semua share ilmunya di sana dan saya belajar otodidak,” pungkas Eko.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini