Share

Harganya Bisa Sampai Jutaan, Ini 2 Tips Bermain Diecast Mobil

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 16 April 2022 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 612 2580128 harganya-bisa-sampai-jutaan-ini-2-tips-bermain-diecast-mobil-juCKFIqu25.png Podcast Aksi Nyata. (Foto: Youtube)

MINIATUR mobil yang sekilas terlihat hanya sebagai mainan anak-anak. Tapi pada kenyataannya, miniatur mobil atau yang biasa dikenal sebagai diecast ini menjadi koleksi banyak orang, bahkan orang dewasa.

Inilah yang kemudian membuat harga diecast menjadi mahal. Diungkap oleh Eko Setiawan, diecast kolektor sekaligus pembuat custom miniatur mobil, bisnis dengan pasar domestik dan internasional ini memang menguntungkan.

“Untuk market di Indonesia, repaint saja minimal Rp200.000, dan saya custom bisa jual sampai Rp1-Rp1,5 juta per piece. Sedangkan untuk pasar luar negeri, minimal paling murahnya saja sudah USD100 dan paling mahal USD206,” jelas Eko, dalam acara tayangan di kanal Youtube Partai Perindo "Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia" dengan tema Antara Miniatur Kendaraan, Koleksi & Nilai Jual, Sabtu (16/4/2022).

Diecast

Jika ditekuni bisnis pembuatan custom miniatur mobil ini memang menjanjikan penghasilan yang menggiurkan. Mengingat pemainnya di Indonesia sendiri sudah cukup banyak, Eko menyarankan bagi para anak muda yang ingin terjun ke bidang bisnis ini harus memperhatikan dua hal utama yakni kualitas dan komunikasi.

“Tipsnya kalau dari saya hanya dua, pertama soal kualitas. Miniatur mobil yang ia buat. Bahkan hal sesimpel seperti pewarnaan cat mobil. Kualitas dari mobilnya itu, contoh catnya itu harus rapi, enggak boleh asal kualitas harus sangat diperhatikan karena menentukan trust juga,” lanjutnya.

Tips kedua adalah pentingnya berkomunikasi dengan klien atau pelanggan.

“Komunikasi itu misalkan kita ada kendala dalam pengerjaannya, komunikasikan ke customer. Kita kan sudah janji, ya kalau ada kenal omongin. Pasti mereka mengerti kok, kualitas dan komunikasi ini sudah paling juara dan harus sih,” tegas Eko.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini