Share

5 Tips Menjaga Asupan Nutrisi Selama Bulan Puasa

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 16 April 2022 21:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 612 2580148 5-tips-menjaga-asupan-nutrisi-selama-bulan-puasa-GRXdpkkjle.jpg Buka puasa. (Foto: Freepik)

RAMADAN Anda harus tetap menjaga pola makan sesuai dengan gizi seimbang. Apa saja tipsnya?

Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dr Dana Ryan akan membagikan lima tips yang harus dilakukan untuk menjaga nutrisi. Seperti berikut ditulis Sabtu (16/4/2022).

1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi

Tubuh membutuhkan asupan gizi lengkap selama Ramadan. Dimulai dari mengonsumsi kombinasi protein, karbohidrat, lemak omega 3, serta vitamin dan mineral.

Dijelaskan Dr Dana Ryan, tubuh membutuhkan sumber karbohidrat yang baik seperti buah dan sayuran, gandum, umbi-umbian dan sebagainya,

"Karbohidrat merupakan kelompok nutrisi utama dan menyediakan energi bagi tubuh sebagai glukosa (gula darah)," ucap Dr Dana Ryan saat Nutrition Talk virtual.

Manfaat utama karbohidrat bagi tubuh yaitu sebagai sumber bahan bakar utama bagi tubuh, menyediakan fitonutrien dan antioksidan, menyediakan serat, serta memberi rasa kenyang lebih lama.

Lalu Anda juga harus memilih makanan yang mengandung lemak Omega-3 dibandingkan Omega-6, yang ditemui pada kacang almon, ikan salmon, alpukat, dan minyak zaitun.

2. Memastikan untuk terhidrasi yang cukup

Meski berpuasa, pastikan Anda mencukupi kebutuhan air minum sebanyak 8 gelas sehari atau setara 2 liter. Cara pembagiannya yakni 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas setelah tarawih, ditambah 2 gelas lagi sebelum tidur malam.

3. Mengonsumsi protein yang cukup

Protein terdiri dari asam amino, protein dan asam amino ini adalah bahan utama untuk pertumbuhan sel otak, sel kulit, sel otot dan organ kita. Ketika kita mengonsumsi protein makanan, tubuh kita akan memecah menjadi asam amino individu selama pencernaan dan kemudian menggunakan asam amino ini untuk membuat protein baru di seluruh tubuh.

"Sangat penting untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang dibutuhkannya untuk berfungsi," terangnya.

Lebih lanjut, kata Dr Dana Ryan, ada 3 manfaat utama protein. Yaitu untuk membantu menjaga rasa lapar, protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan mengonsumsi protein dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme. Serta meningkatkan metabolisme membantu Anda membakar kalori lebih cepat, sehingga membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh.

4. Fokus pada mikronutrisi

ntuk membantu tubuh dapat mengatur semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.

5. Menjaga tubuh tetap aktif

Selama Ramadan Anda perlu bergerak aktif maupun olahraga. Disarankan Anda melakukan 30 menit sehari selama 5 kali dalam seminggu.

"Olahraga akan membantu meningkatkan energi dan membantu kesehatan mental, dengan menggabungkan gerakan dengan nutrisi yang baik bekerja sama," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini