Share

Beri Banyak Energi, Ini 4 Asupan yang Baik Dikonsumsi untuk Sahur

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 298 2581710 beri-banyak-energi-ini-4-asupan-yang-baik-dikonsumsi-untuk-sahur-26mDmAsrAN.jpg Ilustrasi Sahur. (Foto: Highend)

BERPUASA berarti tidak memasukan nutrisi dan vitamin ke dalam tubuh kita selama belasan jam lebih. Oleh karena itu, ketika sahur kita butuh asupan makanan yang memberikan kita tenaga lebih banyak.

Karena, jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi lemas saat puasa. Maka dari itu, diperlukan makan-makanan yang sehat, terutama makanan untuk sahur agar kondisi tubuh tetap sehat dan kuat untuk menahan lapar serta haus selama 13 jam lebih.

Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap kuat dan memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Berikut rekomendasi makanan yang cocok untuk sahur seperti dilansir dari Highend.

Kandungan Protein Tinggi

Makanan Sahur

Saat puasa sangat penting mengonsumsi protein tinggi. Kandungan protein tinggi dapat membantu dan memelihara kekuatan otot, sehingga kondisi fisik lebih kuat. Ketika seseorang mengonsumsi protein, maka rasa kenyang akan terasa lebih lama.

Rekomendasi makanan yang mengandung protein yaitu seperti daging, telur, ikan, yogurt atau susu

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Makanan Sahur

Buah dan sayur memiliki kandungan tinggi serat yang sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya sekadar memberi rasa kenyang, tetapi makanan ini dapat menjaga hidrasi dalam tubuh. Selama puasa tubuh akan kekurangan cairan, sehingga penting untuk konsumsi serat saat sahur.

Rekomendasi buah-buahan yang dapat Anda konsumsi pada saat sahur, yaitu melon, apel, semangka, pir, strawberry, pepaya, dan buah naga. Sedangkan rekomendasi sayuran yang baik dikonsumsi saat sahur, yaitu seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi hijau, buncis, dan wortel.

Konsumsi Air Putih

Makanan Sahur

Konsumsi air putih saat sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih baik Anda mengkonsumsi 2-3 gelar air putih pada saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi dan memiliki rasa kenyang yang lebih lama. Cairan yang cukup pada saat sahur juga dapat menjaga aliran pembuluh darah lancar.

Asupan Karbohidrat yang Sehat

Makanan Sahur

Asupan karbohidrat ini bisa Anda ganti, tidak hanya nasi. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Mengonsumsi karbohidrat juga dapat memberikan sumber energi bagi tubuh.

Karbohidrat ini akan dipecah menjadi glukosa dan diserap dalam aliran darah. Berikut rekomendasi makanan mengandung karbohidrat, yaitu nasi merah, kentang, oat, ubi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini