Share

5 Manfaat Sawi bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Tim Okezone, Okezone · Rabu 20 April 2022 23:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 298 2582259 5-manfaat-sawi-bagi-kesehatan-tubuh-salah-satunya-turunkan-kolesterol-EHeo2ixAJ7.jpg Sawi sehat bagi tubuh (Foto: Mamayexx)

BANYAK orang yang menyukai sayur sawi, selain sehat sayur sawi juga banyak manfaatnya bagi tubuh. Sawi bisa dimasak dengan cara direbus hingga ditumis, semua lezat.

Sawi juga bisa menjadi asupan serat, vitamin dan protein. Dilansir dari berbagai sumber, sawi merupakan sayuran rendah kalori, kaya akan serat dan mikronutrien. Baik juga dikonsumsi setiap hari.

Lalu manfaat apalagi yang bisa Anda dapatkan dari sawi?

 sawi

1. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa tanaman alami, membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan.

Oleh karena itu, sawi merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti flavonoid, beta karoten, lutein, dan vitamin C dan E.

2. Vitamin K

Sayuran sawi mentah dan matang adalah sumber vitamin K yang cukup banyak, dikenal sebagai peran penting dalam membantu pembekuan darah. Hal ini juga terbukti penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

Kandungan beta karoten dan flavonoid pada sayur ini, telah dihubungkan dengan menurunnya risiko pengembangan serta kematian yang terjadi karena penyakit jantung, seperti yang disebutkan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Clinical Nutrition ESPEN.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh

Bagi Anda yang sedang menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkannya, tak ada salahnya mengonsumsi sawi sebagai sumbernya.

Sekitar 140 gram sawi yang sudah dimasak, terdapat vitamin C dan E yang baik untuk mempertahankan dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

4. Meringankan Gangguan Pernapasan

Kemudian sawi juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang efektif dalam memerangi infeksi virus, seperti pilek dan flu. Kandungan vitamin C pada sayuran ini diklaim, mampu membantu meredakan peradangan karena sinus dan mengurangi risiko terserang penyakit asma.

Selain itu sawi juga berperan sebagai ekspektoran yang cukup efektif untuk membantu melegakan pernapasan Anda, yakni dengan cara mengeluarkan lendir.

 BACA JUGA: Kolesterol Tinggi Bisa Dicegah Selama Ramadan dengan Banyak Konsumsi Sayur Lho!

5. Menurunkan kolesterol

Menariknya, ternyata sawi juga memiliki senyawa yang berperan dalam mengikat empedu pada sistem pencernaan Anda. Penting diketahui, karena bisa mencegah terjadinya reabsorbsi asam empedu dan berkaitan langsung dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah, seperti yang dijelaskan dalam jurnal Food Chemistry.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Nutrition Research mengungkapkan, sawi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini