Share

Gantikan Santan dengan Susu Jadi Lebih Sehat? Dokter Gizi: Justru Tambah Kolesterol

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 298 2582480 gantikan-santan-dengan-susu-jadi-lebih-sehat-dokter-gizi-justru-tambah-kolesterol-M9EuugkWo1.jpeg Ilustrasi Santan. (Foto: Shutterstock)

HARI RAYA Lebaran memang identik dengan beragam makanan enak. Salah satunya menu yang opor ayam dan kue-kue kering yang menjadi menu khas Lebaran dari banyak orang.

Lebaran yang akan dirayakan kurang lebih seminggu lagi membuat banyak orang sudah mulai bereksperimen untuk membuat sajian Lebaran. Salah satunya adalah sajian opor ayam dengan kuah santan memang sangat gurih dan lezat untuk disantap. 

Begitu juga dengan kue-kue kering, yang biasanya ada beberapa yang menggunakan santan sebagai salah satu bahannya. Sebagai alternatif pilihan yang dianggap lebih sehat, tak sedikit orang yang mengganti santan dengan susu. 

Santan

Mengganti santan dengan susu ini, dianggap lebih sehat karena diyakini bisa mengurangi asupan kalori yang masuk sehingga mengurangi risiko kolesterol tinggi.

Lalu benarkah mengganti santan dalam hidangan Lebaran dengan susu, menjadi jaminan hidangan khas Lebaran jadi lebih sehat untuk dikonsumsi? Sayangnya, seperti disampaikan dr. Juwalita Surapsari, Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah, tidak sepenuhnya benar.

“Ya kalau kita ganti santannya pakai susu, apalagi susu full cream. Justru tambah kolesterol dan lemak jenuhnya. Jadi sama saja sebetulnya,” kata dr. Juwalita, dalam virtual media briefing ‘Solusi Gaya Hidup Sehat untuk Rayakan Momen Istimewa by OMRON Healthcare Indonesia'.

Lebih lanjut dr. Juwalita menambahkan, justru jika mengganti santan dengan susu full cream, malah bisa membuat lebih banyak kolestrol yang masuk. “Kalau susu full cream ada kolesterol yang masuk, kalau santan justru enggak. Kenapa, karena dia (santan) itu lemak nabati,” tambahnya.

Menyantap aneka menu khas Lebaran yang bersantan, pada dasarnya tidak dilarang. Dokter Juwalita menyarankan, triknya adalah menyiasi konsistensi kuah santan dengan sengaja dibuat lebih encer.

 “Kalau makan makanan bersantan saat Lebaran itu enggak masalah. Saran saya tapi kuahnya dibikin encer, jangan dibikin kental sehingga kepadatan kalorinya menurun,” tutup dr. Juwalita singkat. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini