Share

Gejalanya Mirip dengan Covid-19, Pemeriksaan Darah Disarankan untuk Ketahui Dengue

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 481 2582183 gejalanya-mirip-dengan-covid-19-pemeriksaan-darah-disarankan-untuk-ketahui-dengue-GagCwZk1Nq.jpg Ilustrasi Cek Darah. (Foto: Freepik)

JUMLAH kasus demam berdarah dengue di Indonesia memang masih mencatatkan angka yang cukup tinggi. Kementerian Kesehatan mencatat 32.213 kasus sejak awal tahun hingga 12 April 2022. Sedangkan pada 2021 ada total 73.518 kasus dengan jumlah kematian 705 kasus.

Apalagi, di tengah pandemi seperti saat ini adalah membedakan gejala penularan Covid-19 dan demam berdarah dengue. Karenanya, sangat penting untuk bisa membedakan keduanya, apalagi gejala demam berdarah memiliki pola pelana kuda, yang bisa mengakibatkan orang lengah.

Ketua UKK Infeksi & Penyakit Tropis, Ikatan Dokter Anak Indonesia Dr. dr. Anggraini Alam, Sp.A(K) mengatakan gejala dengue sangatlah mirip dengan gejala Covid-19, yaitu seperti demam tinggi, nyeri di sejumlah bagian tubuh, lesu, dan muncul ruam.

Demam Berdarah

Sehingga, orangtua memiliki peran yang penting dalam mencermati dan mengenali beberapa tanda bahaya dengue. "Selain itu, kita bisa melakukan pemeriksaan darah sehingga ada konfirmasi diagnosa bahwa ini adalah demam dengue," katanya seperti dilansir dari Antara.

Koordinator Substansi Arbovirosis, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr. Asik Surya, MPPM, mengatakan pada musim penghujan dengue menjadi penyakit yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Oleh karena itu, kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit menjadi bagian penting upaya mitigasi. Kemenkes pun sangat mendorong partisipasi dan kolaborasi semua pihak dalam mencegah dan menangani endemi demam berdarah di Indonesia.

Pemerintah sendiri, telah menargetkan penurunan angka kematian akibat dengue menjadi 0,5 persen pada 2025 dari 0,9 persen di tahun 2021. Karenanya, kampanye pencegahan dengue melalui program 3M plus--Menguras, Menutup, Mendaur Ulang,

Selain itu, ada beberapa kegiatan pencegahan lainnya seperti memelihara ikan pemakan jentik, memasang kawat di pintu dan ventilasi serta memberikan larvasida di tempat penampungan air.

Sejauh ini, pemerintah telah memetakan penanganan dengue melalui Strategi Nasional Penanggulangan Dengue 2021-2025 yang berfokus pada 6 langkah strategis. Salah satu langkah strategis yang dikedepankan adalah inovasi karena merupakan kunci keberhasilan dalam upaya pencegahan penyebaran dengue.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini