Share

Resep Ayam Besengek Makanan Warisan RA Kartini, Bisa untuk Buka Puasa!

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 April 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 298 2582844 resep-ayam-besengek-makanan-warisan-ra-kartini-bisa-untuk-buka-puasa-1n6UlpU9te.jpeg Resep Ayam Besengek (Foto: @susangracia)

BICARA tentang RA Kartini tentu tidak akan pernah ada habis. Dari kisah perjuangan inspiratif hingga masakan kesukaan RA Kartini yang mungkin tak banyak orang tahu. 

Beberapa resep racikan keluarga Kartini dibongkar oleh salah satu kerabatnya, Suryatini Ganie. Ia berbagi 200 resep warisan Kartini beserta saudarinya yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah dalam buku 'Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara: Rahasia Kuliner R.A. Kartini, R.A Kardinah dan R.A Roekmini' (2005).

Koleksi hidangan yang banyak dipengaruhi kuliner Belanda, China, Arab dan Jawa Tengah sangat menarik untuk dicoba. Beberapa yang menggoda selera, seperti Ayam Besengek, Sup Pangsit Jepara, Sate Gapit, dan Nasi Liwet Ayam.

Resep paling spesial dan menjadi kuliner khas Jepara, yakni Ayam Besengek. Tidak ada salahnya mencoba membuatnya untuk mengenang jasa Ibu Kartini.

Ayam Besengek

Bahan-Bahan:

- 500 gr ayam (potong sesuai selera)

- 2 sdm minyak

- 1 bt serai (memarkan)

- 500 ml santan cair

- 2 sdm air asam jawa 

BACA JUGA : Kisah RA Kartini Meninggal Usai Melahirkan, Kondisi Medis Ini Diduga Jadi Penyebabnya

Bumbu yang dihalusan:

- 5 btr bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 3 cm kunyit

- 6 btr kemiri

- 1/2 sdt ketumbar (sangrai)

- 1/2 sdt merica (sangrai)

- 1/2 sdt jintan (sangrai)

- Garam secukupnya

BACA JUGA : Hari Kartini, Intip 5 Potret Aura Kasih Pakai Kebaya Makin Memesona

Cara Membuat:

1. Campur ayam, kaldu bubuk, daun salam dan sedikit air. Ungkep hingga empuk, angkat. Lalu goreng ayam hingga kecoklatan. Sisihkan;

2. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan serai. Masak hingga harum;

3. Tuang santan cair, dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Masukkan ayam yang sudah digoreng. Masak hingga bumbu meresap ke dalam ayam. Tutup selama 20 menit. Lalu masukan cabai rawit utuh dan potongan daun bawang, aduk rata;

4. Angkat ayam dan sajikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini