Share

Berapa Banyak Kue Kering yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 481 2582501 berapa-banyak-kue-kering-yang-boleh-dimakan-penderita-diabetes-YsPl3DGt9i.jpeg Kue Kering. (Foto: Okezone)

KUE kering memang memang kerap hadir setiap perayaan Idul Fitri. Berbagai jenis kue kering dari kue nastar, putri salju, sagu keju, kastengel, cokelat, dan aneka macam kue lainnya memang sangat menggoda untuk disantap.

Kue kering Lebaran yang manis dan lezat ini, memanh tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh para pengidap penyakit kencing manis. Namun, dokter spesiali gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari, memperingatkan jumlah porsi kue kering yang dimakan.

“Kalau makan kue kering misalnya kue cokelat, 2 sampai 3 potong masih aman. Orang dengan diabetes kalau mau makan kue kering dalam batas sewajarnya saja,” saran dr. Juwalita, dalam gelaran virtual media briefing Omron Healthcare Indonesia.

“Dua sampai tiga potong masih aman, tapi mutlak minumnya enggak boleh yang mengandung kalori dan gula,” lanjut dokter yang berpraktek di rumah sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan tersebut.

Kue kering

Sebagai informasi, pengidap diabetes konsumsi gula hariannya dibatasi dengan rekomendasi maksimal 2 sendok makan atau 25 gram sehari. Biasanya diatur pembagiannya dengan cara, 1 sendok makan sudah dimasukkan dalam masakan yang dibuat (sebagai bumbu). Sehingga sisa jatah 1 sendok makan, yakni sekitar 12 gram. 

Aturan jumlah porsi yang sama berlaku juga untuk kue kering yang dibuat menggunakan pemanis seperti bubuk sweetener sebagai pengganti gula pasir atau gula halus.

“Dibuat pakai sweetener, sebetulnya boleh. Tapi ingat, kue kering basednya tepung. Begitu dikonsumsi, ya tetap jadi gula di tubuh. Jadi tetap ada risiko gula darah akan naik,” pungkas dr. Juwalita.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini