Share

Yuk Pilih Sepatu Bersepeda dengan Tapat agar Terhindar dari Cedera

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 481 2583078 yuk-pilih-sepatu-bersepeda-dengan-tapat-agar-terhindar-dari-cedera-RS9WAJ8OWR.jpg Ilustrasi Olahraga Sepeda. (Foto: Shutterstock)

BANYAK manfaat kita bersepeda, antara lain adalah menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Pasalnya, olahraga ini bisa menyehatkan pembuluh darah.

Meski demikian, ketika Anda memang ingin bersepeda dengan intens dan rutin, maka Anda harus waspada dengan cedara yang mungkin terjadi. Karenanya, guna meminimalkan risiko tersebut, salah satu benda yang Anda butuhkan adalah sepatu bersepeda.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu sepeda? Apakah perlu menggunakan sepatu yang berbeda untuk setiap medan tempuh? Yuk, cari tahu fakta selengkapnya!

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sepatu untuk bersepeda:

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu bersepeda adalah ukuran. Pastikan memilih ukuran yang paling sesuai dengan kaki Anda. Selain itu, Anda juga mesti memilih sepatu yang dapat melindungi kaki dan mencengkram pedal dengan baik saat mengayuh.

Anda pun mesti memilih jenis sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki. Apabila memiliki telapak kaki datar dan/atau plantar fasciitis, Anda dapat memilih sepatu dengan sol yang bisa dilepas.

Bersepeda

Bagi penderita bunion, Anda bisa memilih sepatu yang lebih datar. Pastikan pula sepatu tersebut memberikan ruang yang cukup bagi jari kaki untuk bergerak. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki tendinitis ekstensor, hindari ukuran sepatu yang terlalu ketat.

Carilah jenis sepatu bersepeda dengan tali yang dapat dilonggarkan dan tidak mengikat tendon bagian atas. Tidak berhenti sampai di situ, Anda pun mesti memilih jenis sepatu berdasarkan medan yang hendak ditempuh.

“Setiap jenis sepatu memiliki desain yang berbeda, tergantung dari medan yang hendak ditempuh,” kata dr. Dyah Novita.

“Kalau memakai sepatu yang tak sesuai dengan jenis medan tempuh, risiko cedera bisa meningkat,” sambungnya.

Memilih Sepatu Bersepeda Berdasarkan Medan Tempuh

Berikut ini cara memilih sepatu sepeda berdasarkan kebutuhan dan medan yang hendak ditempuh:

Sepatu untuk Balap Sepeda

Jika Anda seorang atlet atau ingin mengikuti balapan sepeda, pastikan untuk mencari sepatu yang didesain khusus untuk aktivitas tersebut. Sepatu balap sepeda umumnya dirancang untuk dikendarai di lintasan khusus. Sepatu jenis ini memiliki sol yang lebih kaku.

Sepatu balap sepeda juga memiliki tapak kaki lebih sedikit, juga menggunakan sistem gerigi. Semua fitur tersebut digabungkan agar membuatnya efisien saat digunakan untuk balapan.

Sepatu Sepeda Gunung

Untuk Anda hobi bersepeda menjelajahi jalur pegunungan, pastikan untuk memilih sepatu yang lebih fleksibel, stabil, dan serbaguna. Sepatu jenis ini memudahkan Anda mengayuh di jalur penggunanan atau setelah bersepeda santai. Anda akan tetap menerima dukungan dan kenyamanan tambahan tanpa kekakuan tambahan layaknya sepatu sepeda balap.

Sepatu Sepeda Kasual

Bersepeda untuk pergi ke kantor, atau melakukan perjalanan yang relatif singkat? Jika ya, Anda bisa memilih jenis sepatu sol karet yang nyaman. Pastikan pula sepatu tersebut cocok untuk mengayuh sepeda, namun tetap terlihat cukup berkelas untuk dikenakan saat di kantor.

Masih bingung memilih sepatu bersepeda yang paling tepat? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter secara daring melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini