Share

Mengenal Aqua Jogging, Lari di Dalam Air yang Minim Risiko

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 April 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 612 2582851 mengenal-aqua-jogging-lari-di-dalam-air-yang-minim-risiko-Uwreey1nKU.jpg Ilustrasi Jogging. (Foto: Shutterstock)

KITA memang harus berolahraga 150 menit dalam seminggu atau 30 menit per harinya demi menjaga kesehatan. Nah, salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah lari atau jogging.

Sayangnya, bagi orang yang belum terbiasa, berlari bisa saja menyebabkan cedera. Nah, guna menurunkan risiko tersebut, Anda yang belum terbiasa dapat mencoba olahraga lari di dalam air alias aqua jogging.

Selain minim risiko cedera, manfaat lari di dalam air juga tidak main-main, lho. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang aqua jogging dan manfaat sehatnya!

Aqua jogging adalah campuran antara olahraga lari dan berenang. Karena dilakukan di dalam air, risiko cedera juga lebih minimal.

Aqua jogging bisa dilakukan secara mandiri. Namun, jika ingin manfaat yang paling optimal dari olahraga ini, Anda bisa melakukannya di bawah pengawasan instruktur terlatih.

Jogging

Lantas, bagaimana dengan manfaat berlari di dalam air? Berikut ini beberapa di antaranya:

Minim Risiko

Berlari di air membuat kaki Anda tidak langsung terhentak ke tanah. Hal ini dapat mengurangi tekanan perlebih pada persendian, sehingga risiko cedera juga lebih minimal. Tidak hanya itu, lari di dalam air juga membuat Anda terhindar dari risiko terjatuh.

Membangun Kekuatan

Menurut Arthritis Foundation, berlari di dalam air dapat melatih ketahanan 12 kali lipat lebih efektif dibandingkan dengan lari di darat. Hal tersebut turut membantu membangun, memperkuat, dan mengencangkan otot-otot di tubuh Anda. Dengan manfaat ini, postur dan bentuk tubuh Anda juga akan lebih baik. Persendian pun diharapkan dapat berfungsi lebih optimal.

Membantu Menjaga Berat Badan

Faktanya, lari di dalam air membuat Anda lebih sulit bermanuver. Anda harus bekerja lebih keras saat melakukan gerakan aqua jogging. Oleh karena itu, jenis latihan ini juga bisa membakar lebih banyak kalori. Hal tersebut bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Berikut ini beberapa orang yang direkomendasikan untuk melakukan aqua jogging:

Pelari Profesional

Pelari profesional perlu membangun kondisi tubuh secara keseluruhan, tak terkecuali stamina, kekuatan, dan ketahanan. Karenanya, tidak sedikit pelari profesional yang menambahkan aqua jogging ke dalam rutinitas latihan untuk melengkapi program intensif mereka.

Orang Lanjut Usia

Olahraga lari di air juga menjadi pilihan yang baik untuk lansia. Pasalnya, olahraga ini memiliki risiko cedera yang tergolong minim. Selain itu, melakukan lari di air juga sangat baik untuk persendian lansia.

“Pada orang lanjut usia, latihan lari di air dapat bermanfaat untuk melatih kekuatan dan mempertahankan tekanan darah normal,” kata dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

“Selain itu, jenis olahraga ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, tak terkecuali pada lansia,” sambungnya.

Jogging

Atlet yang Cedera

Olahraga ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk atlet lari yang sedang terluka atau cedera. Faktanya, latihan berbasis renang terbukti membantu regenerasi serat otot baru yang disebabkan oleh cedera. Jogging di dalam air juga memungkinkan para atlet untuk tetap aktif meski sedang cedera.

Ibu Hamil

Melakukan aqua jogging merupakan pilihan latihan yang aman dan berdampak rendah bagi ibu hamil. Dilansir dari Very Well, wanita yang melakukan aerobik air dapat mengurangi penggunan obat penghilang rasa sakit selama persalinan

Tertarik untuk melakukan aqua jogging, namun tidak yakin dengan kondisi tubuh Anda? Bila memang demikian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, baik dengan berkunjung langsung ke klinik atau memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam dan aplikasi KlikDokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini