Share

Tips Mudik: Mengantuk saat Berkendara Tanda Anda Butuh Istirahat, Bukan Minum Kopi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 481 2583349 ngantuk-saat-berkendara-mudik-tanda-tubuh-butuh-istirahat-bukan-minum-kopi-x3ZxbGBHdn.jpg Istirahat jika ngantuk saat berkendara mudik (Foto: Timesofindia)

MUDIK aman menjadi prioritas utama Kementerian Kesehatan membolehkan mudik di 2022 ini. Itu kenapa, syarat booster menjadi penting agar pemudik minim risiko terpapar atau membawa virus Covid-19 ke kampung halamannya.

Terlebih, sero survei Kemenkes bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) memperlihatkan bahwa 99,2% masyarakat Jawa-Bali yang merupakan asal dan tujuan mudik sudah memiliki antibodi Covid-19.

Tak hanya mendapatkan booster, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi pun mengimbau kepada masyarakat agar mudik dalam kondisi yang fit. Kalau tidak enak badan, disarankan untuk tidak memaksakan diri tetap mudik.

Mudik

"Perjalanan mudik itu melelahkan dan menghabiskan banyak waktu di jalan, jadi kondisi tubuh yang fit adalah kunci mudik aman dan sehat," kataya pada awak media, belum lama ini.

BACA JUGA : Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, HT : Hati-Hati di Jalan, Salam Hangat untuk Keluarga

Selain itu, Siti Nadia juga mengimbau kepada pemudik yang lelah untuk beristirahat. Ini pun menjadi penting karena dengan melonjaknya kendaraan saat mudik, kondisi tubuh yang lelah berisiko tinggi kecelakaan.

"Makanya, kami meminta kepada pemudik khususnya pengemudi kendaraan yang lelah atau ngantuk untuk beristirahat, bukannya minum kopi. Istirahat solusi utamanya, bukan minum kopi," papar Siti Nadia.

"Begitu juga kalau pemudik capek, solusinya istirahat bukannya minum minuman peningkat stamina," tambahnya.

Kondisi tubuh yang dipaksakan untuk tetap aktif padahal letih atau butuh istirahat amat berbahaya dan itu meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

"Ini harus jadi perhatian kita bersama, khususnya masyarakat yang mudik. Kami ingatkan juga untuk booster dulu sebelum berangkat mudik, ya," terang Siti Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini