Share

Menkes Targetkan Anak Perempuan di Seluruh Indonesia Disuntik Vaksin HPV 2023

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 481 2583395 menkes-targetkan-anak-perempuan-di-seluruh-indonesia-disuntik-vaksin-hpv-2023-I9oR4nFlf5.jpg Anak perempuan divaksin HPV (Foto: ABP live)

GUNA mengurangi dan mencegah terjadinya kanker serviks pada perempuan menjadi program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menargetkan pada tahun 2023 seluruh anak perempuan sudah divaksin HPV, alias vaksin mencapai 100 persen atau menyeluruh.

Menkes Budi mengatakan, problem terbesar di Indonesia yaitu angka kematian kanker pada ibu (perempuan) yang paling tinggi. Maka perlu ada langkah pencegahan sejak dini, dengan vaksin HPV, vaksinasi yang dilakukan sejak kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar.

 anak divaksin

"Saya minta ke Pak Maxi sudah sampai 100 persen untuk tahun depan," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers Pekan Imunisasi Dunia, Jumat (22/4/2022).

Menkes Budi menerangkan, bila khasiat dari vaksin HPV sudah dibuktikan di Yogyakarta. Di mana, salah satu kota yang menjadi pilihan daerah melakukan vaksin HPV, dan hasilnya baik.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS menjelaskan, vaksinasi HPV dapat menekan prevalensi kanker serviks. Dia juga menambahkan akan ada 8 Kota yang terpilih melakukan vaksinasi HPV.

Maxi mengungkapkan, kedelapan provinsi atau kota yang terpilih, diklaim memiliki angka kanker serviks terbanyak. "Itu hasilnya baik mengurangi insiden dari kanker akan kami perluas tahun ini, sesuai arahan pak menteri. Jadi 8 provinsi yaitu 4 provinsi di Jawa dan Bali serta 4 provinsi di Sulawesi," ucap Maxi.

 BACA JUGA:DKI Sudah Sejak 2016, Vaksin HPV Gratis Selanjutnya Diberikan di Bali

"Yang kami targetkan awal ini, yakni wilayah yang punya pravelensi kanker terbanyak untuk 8 provinsi," jelasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini