Share

Ternyata Ini 4 Penyebab Kita Mengeluarkan Air Mata saat Menguap

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 481 2583527 ternyata-ini-4-penyebab-kita-mengeluarkan-air-mata-saat-menguap-iIX7eHueW5.jpg Ilustrasi Menguap. (Foto: Shutterstock)

BIASANYA seseorang mengeluarkan air mata untuk meluapkan emosinya, baik ketika dia sedih maupun senang. Air mata memang diperlukan agar bola mata kita tidak kering dan melindungi dari kotoran.

Tapi, ada juga saat dimana kita akan mengeluarkan air mata tanpa emosi yang berlebih, yakni saat kita menguap. Lantas, kenapa menguap membuat kita mengeluarkan air mata?

Meski begitu, terdapat beberapa penyebab menguap mengeluarkan air mata yang perlu Anda pahami. Sebab, jika dibiarkan, bisa saja mata berair yang dialami saat menguap menjadi lebih parah.

Untuk memahaminya lebih lanjut, simak sejumlah faktor di balik keluarnya air mata, ada beberapa faktor kenapa menguap mengeluarkan air mata, di antaranya:

Pendinginan Suhu di Otak

Dalam studi yang dimuat International Journal of Applied & Basic Medical Research, peneliti menemukan berbagai kemungkinan penyebab menguap mengeluarkan air mata. Salah satunya yaitu akibat proses pendinginan suhu di otak. Peneliti menilai, keluarnya air mata dalam kondisi tersebut mungkin berperan dalam menghilangkan panas di tengkorak.

Menguap

Adanya Tekanan pada Wajah

Tekanan pada wajah juga dikaitkan dengan air mata yang keluar saat Anda menguap. Otot-otot di area sekitar wajah akan mulai berkontraksi saat menguap, termasuk di sekitar mata.

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, kontraksi pada wajah yang terjadi saat Anda menguap akan memberikan tekanan pada kelenjar penghasil air mata. Jika mata Anda rentan berair sejak awal, maka kemungkinan besar Anda akan mengeluarkan air mata saat menguap. “Akibatnya, air mata yang sedikit tersimpan di kelenjar air mata akan mengalir,” ucapnya.

Sindrom Mata Kering

Keluarnya air mata saat menguap juga bisa menjadi gejala mata kering. Sindrom mata kering terjadi ketika mata tidak menghasilkan pelumas yang cukup untuk melindungi mata. Jika mengalami sindrom mata kering, mata dapat mudah mengeluarkan air hanya dengan menguap.

Keluarnya air mata saat menguap akibat mata kering juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain yang terjadi bersamaan, seperti:

- Cuaca dingin atau kering

- Angin dari kipas angin atau AC

- Iritasi mata karena debu, wewangian, atau produk semprot

- Alergi

- Konjungtivitis

- Kornea tergores

- Bintitan

Tubuh dan Mata Anda Lelah

Orang cenderung menguap saat merasa lelah, misalnya setelah seharian menatap layar komputer atau handphone. Kelelahan ini juga tentunya dapat berdampak pada mata. Mata lelah mungkin dalam kondisi kering, sehingga merangsang keluarnya air mata. Hal ini terjadi terutama saat menguap memberikan tekanan pada kelenjar lakrimal.

Apakah Semua Orang Mengeluarkan Air Mata Saat Menguap?

Tidak semua orang mengeluarkan air mata saat menguap. Hal ini bergantung pada kondisi masing-masing. Mata kering memang menyebabkan mata berair saat menguap. Tapi, di sisi lain kondisi ini juga bisa membuat penderitanya sulit mengeluarkan air mata. Jadi, belum tentu semua orang yang mengalami mata kering akan mengeluarkan air mata ketika menguap.

Kapan Harus ke Dokter?

Mengetahui normal atau tidaknya air mata yang keluar saat menguap tidak bisa dilihat dari seberapa banyak air yang dikeluarkan. Tetapi, jika air mata yang keluar saat menguap cukup banyak dan mengganggu, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter mata (ophthalmologist).

Mata berair saat menguap juga seharusnya tidak menyebabkan iritasi dan lainnya. Air mata yang menyebabkan perih bisa disebabkan oleh alergi, lensa kontak kotor atau rusak, infeksi, mata kering, dan blefaritis. Itu dia penjelasan mengapa Anda mengeluarkan air mata saat menguap. Pada umumnya kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jangan ragu konsultasikan kepada dokter mata bila mata terus-menerus berair ataupun disertai keluhan lainnya. Dapatkan info penting seputar kesehatan mata di aplikasi KlikDokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini