Share

Jangan Larang Anak-Anak Memberi Makan Hewan di Jalan, Ini Manfaatnya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 612 2583302 jangan-larang-anak-anak-memberi-makan-hewan-di-jalan-ini-manfaatnya-uZJ1dFZyhs.jpg Kucing. (Foto: Thespruce)

ORANGTUA perlu mengajarkan anak untuk mencinyai binatang sejak dini. Banyak cara mudah, salah satunya memberi kucing di jalanan atau street feeding.

Begitu banyaknya kucing liar di jalanan, membuat kegiatan street feeding sangatlah menyenangkan. Seperti yang dilakukan murid Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah di kawasan Palmerah Jakarta Barat, pada Jumat, 15 April 2022,

 BACA JUGA:Waduh, Istri yang Pelihara Kucing Cenderung Doyan Selingkuh

Erna Sitorus dari Mister Puss mengatakan, sembari melakukan street feeding, anak-anak yang didampingi para orangtua, mendapatkan edukasi berupa menumbuhkan rasa kepedulian sejak dini terhadap hewan-hewan terlantar di sekitar mereka. Beberapa pecinta kucing di sekitar Madrasah juga ikut berpartisipasi dalam acara street feeding ini.

 kucing

"Edukasi lain yang diberikan adalah seputar tips merawat kucing yang benar. Kemudian, memberikan contoh hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berinteraksi dengan kucing," katanya dalam keterangan tertulis.

Saat kegiatan ini dilakukan, kata Erna, seseorang juga bisa menghentikan kebiasaan menarik ekor kucing. Karena ternyata dapat membahayakan keselamatan si kucing.

Sebab, tulang dan saraf pada ekor kucing berhubungan dengan tulang punggungnya yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan.

Kemudian, anak-anak juga jadi tahu tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan ketika menolong kucing yang terlantar, lapar atau terluka.

"Yakni dengan membawanya ke dokter hewan terdekat atau orang dewasa yang mampu memberikan pertolongan pertama. Kemudian memberi makanan kucing dengan formulasi nutrisi seimbang," tambah dia.

Daryono dari Mister Puss juga berujar, edukasi kepada anak-anak seperti ini perlu dilakukan sebagai generasi penerus, untuk menanamkan nilai-nilai kemanusiaan. Karena banyak populasi kucing yang liar, terlantar, malnutrisi juga teraniaya.

"Terutama dalam hal kepedulian, empati, dan berbagi kepada hewan-hewan terlantar di sekitar, termasuk kucing liar yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini