Share

Kabar Baik! Kemenkes Ungkap 4 Provinsi Bebas Malaria, Jakarta Termasuk?

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 481 2583905 kabar-baik-kemenkes-ungkap-4-provinsi-bebas-malaria-jakarta-termasuk-WfRS1ahrkU.jpg Ilustrasi berantas malaria. (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Kesehatan mengungkap empat provinsi di Indonesia sudah bebas malaria. Hal itu sebagaimana disampaikan Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes dr Tiffany Tiara Pakasi dalam konferensi pers Hari Malaria Sedunia secara virtual di Jakarta, Jumat 22 April 2022.

"Dilihat dari capaian endemisitas per provinsi tahun 2021, ada empat provinsi itu antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, dan Banten yang semua kabupaten/kotanya telah mencapai eliminasi malaria," kata dr Tiffany.

Baca juga: Waspada! Studi Terbaru Ungkap Polusi Udara Tingkatkan Infeksi Covid-19 

Ilustrasi malaria. (Foto: Shutterstock)

Ia menambahkan, selain empat provinsi tersebut, ada dua provinsi di kawasan timur Indonesia yang semua kabupaten/kotanya sudah mencapai eliminasi malaria sejak 2020. Provinsi itu adalah NTT dan Maluku Utara.

Kemudian masih ada tiga provinsi yang kabupaten/kotanya belum sama sekali mencapai eliminasi malaria. Dokter Tiffany menyebutkan ketiga provinsi itu adalah Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Baca juga: Mudah Banget, Dokter Ungkap Tips Sehat Pasien Gangguan Saluran Kemih Selama Puasa Ramadan 

Dalam pencegahan dan pengendalian malaria, pengobatan pada pasien harus dimaksimalkan. Pengobatan itu menggunakan terapi kombinasi berbasis artemisin (artemisinin based combination therapy/ACT) sesudah konfirmasi laboratorium.

"Jadi selain membunuh nyamuknya, tapi juga dibenahi lingkungannya supaya tidak nyaman menjadi tempat perindukan nyamuk," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS mengungkapkan sebanyak lima regional telah ditetapkan sebagai target eliminasi untuk mencapai bebas malaria.

Kelima regional tersebut yakni Regional I (Jawa-Bali), Regional II (Sumatera-Sulawesi-NTB), Regional III (Kalimantan-Maluku Utara), Regional IV (Maluku-Nusa Tenggara Timur), dan Regional V (Papua-Papua Barat).

Baca juga: Moderna Segera Ajukan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 untuk Bayi 6 Bulan 

Baca juga: Puasa Lebih Bermanfaat untuk Tubuh dengan Berolahraga, Ini 3 Anjuran Dokter 

Vaksin malaria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini