Share

Resep Nastar Taiwan Kreasi Chef Farah Quinn, Cocok untuk Lebaran!

Pradita Ananda, Okezone · Senin 25 April 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 298 2584860 resep-nastar-taiwan-kreasi-chef-farah-quinn-cocok-untuk-lebaran-ld4oUSjNO9.jpg Resep Nastar Taiwan ala Farah Quinn (Foto: YouTube/Farah Quinn)

KUE nastar memang jadi salah satu kue wajib yang hadir di momen perayaan Lebaran. Rata-rata, setiap rumah memang menyajikan kue nastar sebagai hidangan khas Idul Fitri.

Nah, jika bosan dengan kue nastar yang itu-itu saja, kenapa tak coba membuat kue nastar Taiwan. Seperti disebutkan oleh Chef Farah Quinn, nastar Taiwan memang beda dengan nastar Indonesia pada umumnya karena ukurannya yang lebih besar dan tekstur yang agak lebih padat namun tetap lumer.

Jadi penasaran seperti apa sih cara membuat kue nastar Taiwan tersebut? Berikut ulasan resep nastar Taiwan ala Chef Farah Quinn, sebagaimana dirangkum dari kanal Youtube Farah Quinn, Senin (25/4/2022). Selamat mencoba!

Nastar

Bahan-bahan;

a) Selai nanas

1 kilogram nanas segar

1/2 sendok teh garam

30 gram butter

180 gram gula pasir

80 gram rice malt syrup, agar adonan selai lebih kenyal daripada selai biasa.

BACA JUGA : Resep Nastar Gulung Anti Gagal, Coba Bikin Yuk!

Adonan nastar;

100 gram margarin

80 gram butter

100 gram gula halus

1/4 sendok teh garam

2 butir kuning telur

1 sendok teh vanilla extract

25 gram tepung maizena,

30 gram susu bubuk

20 gram keju edam atau parmesan

200 gram tepung terigu protein sedang (sangrai terlebih dahulu, biarkan dingin)

Farah Quinn

BACA JUGA : Resep Kue Lebaran Nastar ala Chef Stefani Horison

Cara membuat

1. Selai nanas: Blender daging buah nanas sedikit-dikit tanpa air. Setelah halus, masukkan lagi buah nanas, haluskan lagi, sampai nanas habis. Tuang ke wajan, nyalakan api sedang, masak sampai cairannya berkurang (surut). Setelah surut, tuang gula pasir, aduk sampai merata. Lalu masukkan rice malt syrup. Tunggu sampai menyusut, setelah airnya surut baru masukkan butter, aaduk lagi sampai merata. Matikan api, dinginkan selai nanas terlebih dahulu atau bisa dimasukkan ke kulkas agar adonan selai lebih set.

2. Adonan nastar: Masukkan margarin, butter, gula, garam dalam satu wadah, kocok sebentar dengan mixer sampai semua bahan tercampur. Baru masukkan dua kuning telur ke dalam adonan, kocok dengan mixer lagi sampai merata. Tambahkan vanilla extract, kocok kembali

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Tambahkan tepung maizena, susu bubuk, keju dan tepung terigu yang sudah disangrai dan sudah dingin tadi ke dalam adonan. Kocok dengan mixer sebentar sampai tercampur rata atau bisa diadon dengan tangan tapi jangan terlalu kuat

4. Ambil 100 gram adonan nastar ( untuk membuat bagian daun yang hijau). Kasih 1 tetes pewarna hijau. Bagi adonan per 5 gram, sampai adonan habis. Bulatkan, sisihkan terlebih dahulu.

5. Ambil adonan yang berwarna putih dibagi per 30 gram. Bagi sampai adonan habis. Bulatkan semua adonan yang sudah dibagi per porsi tersebut

6. Ambil adonan selai, bagi per 10 gram, bulatkan dengan sendok scoop atau setengah sendok makan.

7. Balurkan sedikit tepung di tangan, ambil adonan biasa, bulatkan bikin seperti bolongan di tengah, ambil isian selai nanas, tutup, bulatkan lagi dan pastikan adonan rapi semua menutup isi selai.

8. Ambil cetakan (oleskan sedikit tepung di dalamnya) ambil adonan hijau, taruh di bagian atas cetakan, lalu ambil adonan biasa, masukkan dalam cetakan, pilihkan sampai rapi. Ulangi sampai adonan hijau dan adonan putihnya habis. Oleskan adonan dengan olesan kuning telur ditambah satu sendok teh minyak goreng ( agar tidak hangus terbakar).

9. Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, panggang di suhu 150 derajat celcius, panggang selama 15-20 menit dengan api bawah

10. Kue nastar Taiwan cantik berbentuk buah nanas siap disajikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini